Home » » CARA MENGATASI PENGAPURAN DAN OSTEOARTHRITIS

CARA MENGATASI PENGAPURAN DAN OSTEOARTHRITIS





Dari segi kedokteran Pengapuran atau Osteoarthristis adalah penyakit dengan kondisi rusaknya tulawang rawan sendi, sehingga seringkali menimbulkan rasa sakit nyeri pada sendi-sendi tubuh. Osteoarthristis biasanya terjadi pada orang gemuk dan umumnya mengenai sendi lutut akibat menopang beban yang lebih sehingga sendi menjadi rusak, dapat juga akibat gerakan sendi yang berlebihan saat berolah raga. Kerusakan sendi ditandai dengan menipisnya bantalan tulang rawan sehingga saat bergerak terjadi gesekan tulang tersebut sehingga menimbulkan rasa nyeri.


Kerusakan tulang rawan akan merangsang pertumbuhan tulang baru di dalam sendi yang dikenal dengan nama osteofit (ada yang mengistilahkan sebagai penumpukan kalsium). Tetapi karena osteofit ini keras, kaku dan bentuknya tidak seperti tulang rawan yang semula bahkan tajam tak beraturan maka semakin menambah rasa sakit dan gerakan sendi menjadi terganggu.

Sedangkan keropos tulang atau Osteoporosis adalah penyakit dengan kondisi massa yang membentuk tulang sudah berkurang sehingga tulang menjadi keropos atau kopong. Tulang menjadi padat, sehingga pada osteoporosis berat dapat terjadi dimana tulang tidak kuat menahan benturan ringan sehingga patah tulang gampang terjadi. Di luar patah tulang, osteoporosis keadan tidak menimbulkan gejala atau keluhan sehingga kita sering tidak menyadarinya. 

Sebaiknya hindari atau kurangi makanan yang tinggi kolesterol dan tinggi kadar purin (asam urat) seperti makan makanan: Daun melinjo, emping, daun singkong, udang, kepiting dll. yang sering dapat menimbulkan rasa sakit yang semakin memperparah di daerah persendian.

Hindari  olah raga yang dapat memperberat dan membebani sendi yang sakit. Kita dapat melakukan beberapa olahraga ringan yang tidak membebani daerah yang sakit seperti jalan kaki, maupun berenang. 

1 komentar:

Posting Komentar