Home » , » KEUTAMAAN MEMBACA DAN TADARUS AL-QUR'AN

KEUTAMAAN MEMBACA DAN TADARUS AL-QUR'AN

Tadarus berasal dari kata "Tadrusun" yang artinya mengkaji atau mempelajari, jadi tadarus Al'Qur'an artinya mengkaji dan mempelajari Al'Qur'an. Membaca (wa qari') dan mempelajari Al'Qur'an terutama dibulan Ramadhan yang disebut sebagai bulan Al'Qur'an akan mendapatkan sejumlah keutamaan yaitu :

Seseorang akan mendapatkan ciri sebagai seorang beriman. Allah SWT berfirman yang artinya: "Orang-orang yang telah kami berikan Al-kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya" (QS. Al-Baqarah : 121)

Dibuatkan dinding perantara dari orang-orang yang tidak beriman, Allah SWT berfirman yang artinya: Dan apabila kamu membaca Al'Qur'an niscaya kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup (QS. Al-Israa : 45)

Mendapatkan obat jiwa dan rahmat. Allah SWT berfirman yang artinya: Dan kami turunkan dari Al'Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman..." (QS.Al-Israa : 82).

Mendapatkan ketenangan jiwa lahir batin. Allah SWT berfirman yang artinya: Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al'Qur'an yang berupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya, dan barang siapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun (QS Az-Zumar : 23).

Sementara itu, di dalam hadis-hadis diterangkan bahwa wa qari' (pembaca) Al'Qur'an akan mendapatkan sejumlah keutamaan lain, yaitu:

Mendapatkan syafaat dari Al'Qur'an itu sendiri. Nabi SAW bersabda yang artinya: Bacalah Al-Qur'an, nanti di hari kiamat ia akan datang memberikan syafaat kepada pembacanya (HR.Muslim).

Mendapatkan predikat umat terbaik. Nabi SAW bersabda yang artinya: Sebaik-baiknya orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al'Qur'an dan mengajarkannya (HR.Bukhari Muslim).

Terhindar dari penyakit piku, Nabi SAW bersabda yang artinya: Barang siapa yang membaca Al'Qur'an (secara terus menerus) tidak akan terjerumus kedalam kepikunan (HR. Muslim)

Mendapatkan pengakuan Allah SWt sebagai Ahlulah (keluarga Allah SWT). Rasulullah SAW menerangkan bahwa "Allah SWT mempunyai dua keluarga yaitu Ahlulah-Qur'an (pembacanya) dan orang-orang terkemukanya. "(HR. Nasa'i dan Ibnu Majah).

Mendapatkan ketentraman. Nabi SAW bersabda yang artinya: tidaklah berkumpul suatu kaum di rumah Allah untuk membaca dan mempelajari kitab Allah di antara mereka, melainkan turun kepada mereka ketentraman, mereka dikelilingi oleh para malaikat dan Allah SWT membanggakan mereka di sisi-Nya (HR. Muslim).

Mendapatkan kebajikan yang banyak. Nabi SAW bersabda yang artinya: Barang siapa membaca satu huruf Al'Qur'an kepadanya satu kebajikan dan satu kebajikan sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf lam satu huruf dan mim satu huruf. (HR. Tarmidzi).

Mendapatkan martabat yang tinggi di akhira. Nabi SAW menerangkan bahwa ; orang yang membaca Al'Qur'a, di akhirat disuruh lagi membacanya; dan martabanya adalah akhir bacaannya (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Hiban dan Tirmidzi).

Mendapatkan kedekatan dengan para malaikat. Nabi SAW berasabda yang artinya: Orang yang mahir membaca Al'Qur'an bersama malaikat. Nabi SAW bersabda yang artinya: orang yang mahir membaca Al'Qur'an bersama malaikat yang mulia lagi baik orang yang membaca Al'Qur'an terbata-bata karena sulit akan mendapatkan dua pahala (HR. Bukhari Muslim).

Memdapatkan predikat orang yang taat. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya bersabda yang artinya: Barang siapa yang membaca Al'Qur'an seratus ayat di malam hari tercatat sebagai orang yang taat dan terjauh daripada lalai (HR. Hakim dan Ibnu Huzaimah).

Mendapatkan anugrah paling utama yang didapatkan oleh orang yang berdo'a. Nabi Muhammad SAW menerangkan bahwa: Barang siapa yang sibuk membaca Al Qur'an sehingga tidak sempat berdo'a maka Aku (kata Allah SWT) akan memberikan kepadanya apa yang paling utama akan aku berikan kepada mereka yang berdoa. 

Begitulah keutamaan membaca dan tadarus Al-Qur'an, Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayahnya kepada ...Amin-amin ya Rabbal alamin.

Sumber: http://sisa-harimanusia.blogspot.com/2014/08/keutamaan-membaca-dan-tadarus-alquran.html
Gambar: images taken from Google

1 komentar:

Posting Komentar