Home » , » KETERAMPILAN USAHA MEMBUAT KUE BOLU

KETERAMPILAN USAHA MEMBUAT KUE BOLU

Warga belajar--sekalian, pada seri keterampilan Untuk usaha edisi berikut ini kita akan mencoba mengulas tentang kegiatan keterampilan membuat kue, kemaren yang kita bikin adalah kue Bolu, berikut ini akan kita lihat lagi langkah-langkah dan cara-cara membuat kue bolu tersebut sebagai berikut :

Bahan untuk membuat kue bolu :

12 butir telur
3 1/2 ons tepung terigu
1/4 kg mentega
5 sendok makan susu bubuk putih
3/8 kg gula halus
1/2 coklat bubuk
2 bungkus vanili kecil
1/2 sendok makan ovalet
Pengembang Kue/ odonan.

Cara Membuat kue bolu :
  • Pisahkan kuning dan putih telur, putih telur ditempatkan dalam mangkok, kuning telur bisa tetap dalam cangkang.
  • Masukkan mentega, vanili, gula halus, dan ovalet ke dalam baskom, kemudian mixcer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang atau selama 10 meni.
  • Setelah mengembang, campur adonan dengan kuning telur dimasukkan satu persatu ke dalam baskom selama 10 menit( adonan harus tetap di mixcer terus menerus selama kuning telur dimasukkan ) .
  • Setelah selesai, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke adonan, aduk hingga rata.
  • Masukkan susu bubuk sedikit demi sedikit dalam adonan, aduk rata.
  • Masukkan coklat bubuk sedikit demi sedikit dalam adonan, aduk rata.
  • Mixcer putih telur selama 5 menit, masukkan putih telur yang telah di mixcer ke dalam adonan, mixcer lagi selama 10 menit hingga adonan mengembang.
  • Terakhir masukkan adonan tersebut ke dalam loyang, panggang dalam oven selama lebih 40 menit dengan suhu 25 derajat celcius.
  • Sudah selesai, angkat, balik dan dinginkan, kue bolu siap untuk disajikan.

Jenis kue ini biasanya ada di dalam bungkusan snack ringan waktu kondangan, karena kue ini mudah dibuatnya dan rasanya juga lumayan enak maka banyak orang menggunakan kue bolu sebagai pelangkap dalam tiap acara pernikahan ataupun acara ulang tahun tapi dengan kue bolu yang telah diberikan hiasan-hiasan tertentu. Untuk cara dan langkah-langkah menghias kue bolu agar tampak menarik, silakan baca pada buku modul cara menghias kue bolu yang telah dibagikan kemaren. Demikian semoga ringkasan ini dapat bermanfaat, terimakasih. Sukses belajar--sukses masa depan.

1 comments:

Post a Comment