Home » , , , » SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DAN PELESTARIANNYA

SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DAN PELESTARIANNYA

Warga belajar dan siswa--sekalian, pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menelaah kembali tentang Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Indonesia, bagaiman pelestariaannya dan apa saja sumber daya alam yang ada di Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan penduduk Indonesia.

1. Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber Daya Alam atau yang sering disingkat SDA adalah semua yang ada di alam, yaitu hasil bentukan alam yang berguna dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kesejahteraan.

Untuk dapat mempertahankan hidupnya manusia harus memenuhi segala kebutuhannya. Kebutuhan itu dapat berwujud benda atau materi, dapat juga tidak berwujud benda. Benda kebutuhan manusia banyak terdapat di sekeliling kita, misalnya tanah, air, udara, minyak bumi, batu bara, batu, pasir, kayu, hewan, dan serangga. Selain itu manusia juga membutuhkan tenaga listrik, panas matahari, dan yang tidak berwujud benda tetapi berupa tenaga (energi).

Semua kebutuhan manusia tersebut ada di alam, manusia tinggal memanfaatkannya. Oleh karena itu disebut sumber daya alam.

Sumber daya alam adalah semua yang ada di alam, yang berhasil bentukan alam yang berguna dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kesejahteraan.


2. Pembagian Sumber Daya Alam

a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang apabila sudah terpakai, dapat terbentuk kembali yang disebabkan kekuatan proses alam.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui sering juga disebut sumber daya alam yang dapat pulih. Sumber daya alam ini dapat pulih dengan sendirinya yaitu melalu siklus (Daur) atau dapat juga pulih dengan campur tangan manusia. Sumber daya alam yang dapat diperharui ada tiga jenis yaitu sumber daya alam nabati, yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam hewan yang berasal dari hewan atau binatang, dan sumber daya yang mengalami siklus seperti tanah, air dan udara.

1) Sumber daya alam nabati
Sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia adalah sumber daya alam nabati. Tumbuh-tumbuhah sangat berguna bagi kehidupan manusia, seperti memanfaatkan buah, daun, kulit, batang, akar maupun bunganya. Bahkan sisa pupuk yang sudah lapuk dan hancur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.

Tumbuh-tumbuhan setelah diambil manfaatnya dapat pulih kembali karena tumbuh dan berkembang biak. Pemulihan ini dapat dilaksanakan oleh alam tanpa campur tangan manusia, atau dapat juga dibudidayakan oleh manusia. Sebagai salah satu contoh Anda dapat memperhatikan gambar kebun kelapa di atas. Pada gambar tersebut kita dapat melihat hasil budidaya kelapa, yang merupakan salah satu bentuk campur tangan manusia dalam pemulihan kembali sumber daya alam nabati.

2) Sumber daya alam hewani
Sumber daya hewani yaitu sumber daya yang berasal dari hewan yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.Sumber daya alam hewani dapat berasal dari hewan darat, hewan air (jenis ikan) dan hewan yang dapat terbang (jenis burung). Sumber daya alam dapat pulih kembali karena berkembang biak.

3) Sumber daya alam yang mengalami siklus tanah dan air
Tanah dan air dapat dimasukan ke dalam kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Tanah yang kekurangan unsur hara dapat pulih kembali menjadi tanah subur karena proses dan kekuatan alam, atau oleh campur tangan manusia dengan cara dipupuk.

Sumber daya air yang meliputi air tanah dan air permukaan apabila habis dipakai akan ada lagi. Air tanah apabila habis terpakai akan keluar lagi dalam bentuk mata air yang berasal dari air resapan dari permukaan tanah. Demikian juga ari di permukaan tanah seperti air danau, waduk, dan sejenisnya apabila habis terpakai atau terjadi penguapan maka dapat pulih kembali oleh air hujan. Hujan merupakan air yang berasal dari penguapan air permukaan dan air laut. Air permukaan selain terpakai dan mengupa juga mengalir ke laut melalui sungai. Peristiwa alam tersebut disebut juga siklus hidrologi. Huntuk lebih jelasnya siklus hidrologi ini marilah perhatikan gambar Daur (siklus) Hidrologi menurut Holtzman di bawah ini ;

        
Gambar Daur (siklus) Hidrologi menurut Holtzman




b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang apabila sudah digunakan akan habis atau musnah.

Sumber daya alam hasil tambang dan hasil penggalian merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau disebut sumber daya habis dipakai. Barang-barang tambang di permukaan bumi ini dibentuk oleh kekuatan alam dan proses alam selama berjuta-juta tahun. Setelah dipakai barang-barang itu akan habis dan tidak ada lagi penggantinya, karena proses pembentukan memakan waktu yang sangat lama. Karena itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus digunakan dengan hemat dan hati-hati. Untuk memperoleh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diperlukan biaya yang sangat besar, peralatan yang canggih, dan tenaga ahli. Salah satu contoh untuk memperoleh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

3) Berbagai Sumber Daya Alam yang Ada di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang cukup beragam. Berbagai sumber daya alam yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui meliputi :
1) Sumber daya alam nabati, misalnya dapat diperoleh melalu :
- Pertanian rakyat
- Perkembunan, dan
- Kehutanan

2) Sumber daya alam hewani, misalnya dapat diperoleh dari :
- peternakan, dan
- alam perikanan.

b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui meliputi:

1) Sumber daya alam mineral, meliputi :
- timah
- alumunium
- tembaga
- emas dan perak
- mangan
- biji besi.

Selain itu sumber daya alam mineral lainnya termasuk dalam mineral industri (mineral nonmetalik) adalah sebagai berikut :
- fosfat,
- belerang
- batu gamping
- kaolin
- fosfat dan mika
- intan
- pasir kuarsa.

Selain mineral nonmetalik juga terdapat sumber daya alam mineral organis (berasal dari jasad hidup) atau organisme antara lain :
- aspal
- batubara

2) Sumber daya alam energi, yaitu sumber daya alam yang meliputi:
- minyak bumi dan gas alam
- batubara.


1 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel