Home » , , , » TIPS MENENTUKAN TUJUAN MENCAPAI SUKSES KARIR

TIPS MENENTUKAN TUJUAN MENCAPAI SUKSES KARIR

Warga belajar dan siswa--sekalian, Menentukan tujuan adalah kunci maju dalam karir atau kehidupan pribadi lainnya. Kita harus memiliki tujuan spesifik dalam karir dapat membantu kita lebih focus yang membantu menyelesaikan pekerjaan dengan serius, dan memperhitungkan dengan tepat apa yang ingin dilakukan.

Sementara itu jika kita kurang intens dalam menentukan tujuan akan menjadi masalah serius dalam jangka panjang dan mengganggu prospek karir dikemudian hari. Kemampuan mungkin mulai 'stagnan', atau kita mungkin merasa seolah-olah tidak akan mencapai sesuatu dalam pekerjaan.

Berikut ini beberapa tips dalam menentukan tujuan yang membantu kalian mencapai sukses dalam karir, atau juga aspek lain dalam kehidupan.

1. Yakinlah tujuan dapat tercapai
Tujuan yang efektif dan realistis pastilah lebih mudah dicapai meskipun mungkin diperlukan suatu trik untuk menyakinkan bahwa tujuan tersebut dapat dicapai. Yakinlah anda merasa tertantang sehingga tujuan dapat membawa ketingkat berikutnya. Jika kamu menentukan tujuan yang terlalu tinggi dan berharap sempurna, anda pun harus mempersiapkan diri sendiri menerima kegagalan

2. Buat tujuan yang bersifat pribadi
Tujuan sebaiknya menjadi milik kamu, bukan milik orang lain bahkan ketika tujuan muncul dalam dunia karir. Petunjuk ketika memikirkan tujuan seharusnya seperti "Saya ingin...," buka "saya harus...," atau "saya perlu..." penting juga untuk membuang rasa pesimis atau perasaan negatif ketika mulai menentukan tujuan. Ini artinya jangan membuat tujuan yang tidak ingin dilakukan.

3. Mengawasi tujuan
Buatlah susunan tujuan untuk memudahkan menjalankan dan mengerjakan dengan serius tiap hari. Tujuan tersebut perlu juga diawasi. Anda tidak selalu dapat mengawasi apa yang atasan atau rekan pikirkan tentang anda, tetapi anda dapat mengawasi betapa kerasnya anda bekerja, dan sikap terhadap rekan kerja misalnya.

4. Memiliki suatu rencana
Memiliki rencana spesifik mengenai bagaimana menjalankan tujuan, itu artinya anda hampir dekat untuk mendapatkannya. Tulislah tujuan dan pelajari setiap kemajuan dan catat setiap implementasi tujuan sekecil apapun. Segera anda akan dapat mengukur kemajuan, ini memudahkan menentukan tujuan karir yang dapat membantu memajukan diri sendiri atau proyek yang tengah dikerjakan.

5. Tentukan batas waktu
Jangan lupa untuk membuat batas waktu dalam setiap tujua yang anda implementasikan. Jika anda tidak membaut batas waktu, anda tidak akan pernah mendapat diri anda dalam usaha mencapai tujuan tersebut. Tanpa batas waktu, suatau tujuan hanya menjadi angan-angan, dan anda akan berakhir dengan perasaan frustasi.


Sumber : dirangkum dari Buku modul Etika Kerja Paket C SMA kelas X tahun 2009

0 komentar:

Posting Komentar