Para Pendiri YouTube |
Selanjutnya bersama Steve Chen dan Jawed Karim,Chad Hurley membangun dan mendirikan bisnis dunia Internet mereka sendiri yaitu Youtube pada bulan Januari 2005. Awalnya situs YouTube difungsikan untuk berbagi video kegiatan makan malam bersama kawan-kawan Chad di San Francisco. Dan tiba-tiba saja YouTube menjadi sangat populer di dunia maya, puluhan ribu orang setiap hari meng-upload video di situs ini. YouTube juga memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk mengomentari setiap video yang disajikan di situs tersebut. Untuk semakin memanjakan pengguna situnyanya, para pengguna dapat meng-upload, menonton, dan berbagi klip video secara gratisan.
ada masa awal-awal berdirinya video-video yang dimuat oleh YouTube adalah klip musik, film, dan rekaman pribadi para penggunanya. Namun sering berjalannya waktu, serta penyempurnaan yang dilakukan YouTube, juga menyediakan beragam video olahraga, ilmu pengetahuan, dan rekaman video kuno. Format yang digunakan oleh YouTube adalah FLV, format ini tergolong cukup ringan dan dapat diputar dengan Flah Player.
Pada tanggal 9 Oktober 2006, Google melalui perusahaannya Google inc, membeli YouTube dengah harga 1,65 miliar dolar AS. Dengan dibelinya YouTube oleh Google, maka Chad, Chen, dan Karim telah ikut masuk ke dalam lingkaran perusahaan raksasa bernama Google inc. Chad menerima saham YouTube di dalam Google sebanyak 694.087 lembar atau sekitar 470 juta dolar AS. Sedangkan Steve Chen menerima 625-366 lembar atau sekitar 326 juta dolar, dan Jawed Karim menerima 137-443 lembar atau 64 juta dolar.
Perkembangan selanjutnya YouTube yang telah berada di bawah bendera Google terus bersinergi membangun situs sharing video hingga menjadi sangat lengkap dan diminati. Makanya jangan heran jika kita melakukan pencarian di Google Searching, maka banyak yang ada diurutan teratas adalah tips-tips yang ada di YouTube, karena memang YouTube sendiri adalah milik Google.
Bagaimana kalian sudahkah mengupload video di YouTube? Ini bisa jadi penghasilan tambahan buat kita dengan menjadi YouTuber, pembuat Video yang memiliki pengunjung yang banyak.
Sumber: Dirangkum dari berbagai Sumber
Gambar: Google
Baca selengkapnya di sini !!
LATAR BELAKANG SEJARAH YOU TUBE OLEH CHAD HURLEY
INTI SURAT EDARAN MENDIKBUD Nomor : 179342/MPK/KR/2014 PERIHAL K13
Visiuniversal----Satuan Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan, demikian pengertian ddalam pasal 1 butir 10 UU No. 20 Tahun 2003. Satuan Pendidikan atau lembaga untuk memberi pelajaran atau pembelajaran serta pengajaran sesuatu dengan starta masing – masing sebagai usaha untuk mendewasakan manusia dan memanusiakan manusia (Tri Ratna ; 2004)..
Sekolah memegang peranan penting terhadap hidup dan kehidupan manusia sebab pengaruhnya sangat besar sekali pada jiwa anak serta peserta didik. Sekolah juga mempunyai fungsi sebagai pusat pendidikan untuyk membentuk pribadi anak. Dengan sekolah juga banyak himpunan, golongan bahkan juga pergerakan mendidik kadernya masing – masing untuk meneruskan perjuangan cita – cita masing – masing dari padanya.
Pada prinsipnya Jhon Dewey menerangkan bahwa sekolah sebagai suatu modal dari masyarakat yang aktivitasnya terletak pada peserta didik. Jadi, peserta didik beraktivitas terhadap sekolahnya , mereka belajar agar supaya dapat hidup sebagai seorang manusia yang cakap dan baik dalam kehidupan bermasyarakat.
Sekolah sebagai organisasi dengan sistem terbuka, senantiasa mampu beradaptasi dan peka terhadap perubahan atau perkembangan yang terjadi. Setiap aktivitas yang ada di sekolah, harus mengarah pada proses pembelajaran, karena hakikatnya sekolah merupakan organisasi pembelajar (learning organization).
Dari definisi menurut para ahli, sekolah yang menerapkan dirinya sebagai orgnisasi pembelajar merupakan sekolah yang menerapkan secara efektif esensi atu makna pendidikan, dimana pada esensinya makna pendidikan mengarh pad pembelajaran yang menyangkut :
- Learning to know (berorientasi pada pengembangan atau perluasana pengetahuan individu)
- Learning to do (berorientasi pada skill atau keterampilan individu)
- Learning to be (berorientasi pada tanggung jawab diri, nilai, dimana seseorang mampu bertindak sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang ia miliki secara bertanggung jawab, sehingga mulai terbentuk kepribadian yang baik)
- Learning to live together in peace and harmony (tahap ini merupakan keseluruhan dari proses pembelajaran yang efektif, dimana seseorang mampu beradaptasi dan hidup bersama secara damai dalam lingkup masyarakat luas.
Sekolah sebagai organisais pembelajaran akan selalu bersikap terbuka untuk belajar, sehingga keterlibatn seluruh personil sekolah sangat dominan untuk menciptakan efektivita sekolah.
Aan Komariah dan Cepi Triatna (2008 : 65), mengemukakan karakteristik organisasi pembelajaran sebagai berikut :
1.Organisasi pembelajar memiliki budaya dan seperangkat nilai yang mendorong belajar, dengan indikator yang tampak adalah keterbukaan pada pengalaman, tidak menghindar dari kesulitan, dan kemauan untuk menelaah kegagalan dan mau belajar darinya
2.Strategi organisasi menyatakan bahwa belajar merupakan sumber keunggulan strategi yang mantap
3.Organisais belajar memiliki struktur organisasi yang permeable, flexible, and network intimacy
4.Sistem organisasi dalam organisasi pembelajar sangat akurat, tepat waktu, dan tersedia untuk siapa pun yang membutuhkan dan dalam bentuk yang mudah dipergunakan. Hal ini menandakan bahwa sekolah sebagai organisasi pembelajar memiliki manajemen sistem informasi yang baik dan efektif.
5.Organisasi pembelajar menyeleksi orang tidak berdasarkan apa-apa yang diketahu, tetapi berdasarkan kemampuannya belajar dan menyesuaikan tindakannya berdasarkan hasil belajar
6.Organisais pembelajar belajar dari orang lain
7.Pemimpin organisasi pembelajar adalah pembelajar.
Demikian artikel singkat tentang sekolah sebagai sistem organisasi, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Akhmad Solihin January 28, 2015 CB Blogger Indonesia