Home » Archives for 22/04/15
Visiuniversal---Bagi
guru, pendidik dan Tutor yang ingin melakukan kegiatan penelitian,
khususnya penelitian tindakan kelas (PTK), perlu melakukan pengumpulan
bahan dan data, baik itu data primer maupun data skunder. Banyak langkah
dan tahapan yang harus dilakukan dalam penelitian yang baik. Salah
satunya adalah menentukan masalah dan menentukan judul yang akan dibahas
dalam penelitian tersebut. Untuk memudahkan para calon peneliti,
khususnya bagi para peneliti pemula yang baru pertama kali melakukan
penelitian, berikut ini redaksi Visiuniversal merangkum beberapa contoh
Judul penelitian tindakan kelas, semoga dapat membantu untuk memudahkan
penentuan judul dan kegiatan penelitian PTK selanjutnya;
Model Penemuan dan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan
Realistik pada Pembelajaran Matematika di SD Pertiwi Teladan Metro Tahun
Pelajaran 2005/2006
Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui
Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas 2 SDN……… Tahun 2010/2011
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-B
SMPN 5 Kendari Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Paire-Share
Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Persatuan dan Kesatuan Bangsa Melalui Media Pembelajaran Microsoft Office
Powerpoint Pada kelas III SD Negeri… Tahun Pelajaran….
Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab melalui
Permainan (Studi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang)
Model Pembelajaran Seni Rupa di SMU Negeri 2 Malang dengan
Penggunaan Desain Media Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak
Model Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian
Siswa Mengemukakan Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA Pasundan 2
Bandung
Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
dalam Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan
Prinsip Fisika di Kelas 1 SMA 3 Padang
Optimalisasi Penggunaan Asesmen Otentik untuk Meningkatkan
Kerja Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Sains di SDN Puncakmulya Kecamatan
Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
Optimalisasi Pontensi Unggulan Lokal dalam Pembelajaran
Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Semarang, sebagai Implementasi
Kurikulum Berbasis Kompetensi
Pelaksanaan Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada
Struktur dalam rangka Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA PGRI Cililin Kab.
Bandung
Pemakaian bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan
Memecahkan Soal Cerita Matematika pda Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta
Pemaksimalan Kompetensi Siswa Kelas X SMA 3 Semarang dengan
Pendekatan Penerapan Penelitian dalam Pembelajaran Kimia
Pemanfaatan Media Televisi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IXe SMP Negeri 1
Pemanfaatan Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran
untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5
Palu
Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aneka Sumber
Belajar di SMPN I Pugung Kabupaten Tanggamus
Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan
Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 10 Watampone
Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program
Interactive Atlas 2002 untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Region Siswa Kelas
IX SMPN 4 Sindue
Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Madrasah Aliyah Negeri Selong
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan
Model Jigsaw dalam Pembelajaran Sains di SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran
2005/2006
Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan
Masalah Bersama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep
Lingkungan Siswa Kelas III SDM Kota Metro
Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan
Masalah Bersama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep
Lingkungan Siswa Kelas III SDM Kota Metro
Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dengan
Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Keterampilan Scientifik
dalam Mata Pelajaran Fisika di SMUN 1 Depok Slemant Yogyakarta
Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum
Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa
Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Diklat Menyiapkan, Menyajikan Minuman Non-Alkohol
Siswa II A1 SMKN 2 Singaraja
Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga untuk
Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa Kelas 3 SD Sampangan 04
Semarang
Pembelajaran PKn Menggunakan Metode Permainan Ular Tangga
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi
Dasar Budaya Demokrasi
Pembelajaran Sain Berbasis Proyek (Project Based Learning)
untuk Meningkatkan Academic Skill Siswa MI Miftahul Ulum Serut 02 Jember
Pemberdayaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Upaya
Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI
Kampus Cibiru
Pemberdayaan Prior Experience dalam Pembelajaran Modul
Praktikum dengan Model Experential Learning sebagai upaya Meningkatkan
Kompetensi Sains Siswa SMPN 2 Singaraja
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk
Mengintegrasikan Nilai-Nilai Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1
Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2006/2007
Pendekatan Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia
dalam Pembelajaran Kimia kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah
Siswa SMA Negeri 6 Palu
Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi
Siswa dalam Kerja Ilmiah pada Pembelajaran PA-Biologi di SMP Negeri 40 Semarang
Penerapan Ekspositori Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
IPA Pada Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2010/2011
Penerapan kegiatan Hands on Activity dan Modified
Discovery-Inquiry pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang
Penerapan Metode Pembelajaran Bcm Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri…… Tahun Pelajaran 2010/2011
Penerapan Metode Pembelajaran Konsultatif (Sebuah Inovasi
dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi) untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember
Metode Pembelajaran Konsultatif (Sebuah Inovasi dalam
Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted
Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi
Hitung Pada Siswa Kelas…… Tahun 2010/2011
Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05
Pagi Cakung Jakarta Timur
Penerapan Metode Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Matematika Siswa Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Dempelan Tahun Pelajaran
2009/2010
Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan
Tingkat Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27
Penerapan Metode STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Bidang Study IPA SD Negeri…. Tahun Pelajaran 2010/2011
Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction
(TAI) untuk Mengatasi Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat
Heterogenitas Kemampuan Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin
Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk
Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri
1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007
Penerapan Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA
Negeri 5 Kendari
Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka
Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan
Konsep secara Mandiri di SMPN 21 Surabaya
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan
Motivasi dan Partisipasi Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA Negeri II
Samarinda
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Dengan Pendekatan Salingtemas (Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat) Dalam
Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa
Kelas X SMA Negeri
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan
Tongkat Estafet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan
(Kaji Tindak di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kendari)
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)
Dalam Meningkatkan Pemahaman Makna Keterbukaan Dalam Kehidupan Berbangsa dan
Bernegara Pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA
Pembalajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat
Kabar Pada Siswa Kelas V SDN……
Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep
Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTP
Muhammadiyah 5 Surabaya
Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang
Diintervensi dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di
SMU
Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi
Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang
Penerapan Pembelajaran Fisika Dengan The 5 E Learning Cycle
Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Guru dan Siswa Serta Prestasi
Belajar Siswa Kelas VII E SMP Negeri
Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Porong
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Group
Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas
XI SMA
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game
Tournaments) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika
(Studi di SMP Negeri 4 Purwokerto)
Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve
untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2
Sekolah Menengah (SMA) Negeri I Balaraja Kabupaten Tangerang – Banten
Penerapan Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika
Bermediasi RME untuk Penalaran dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa
Kelas II SMUN 3 Palangkaraya
Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian
Tindakan Kelas di SMA Negeri 2 Dolo)
Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Upaya
Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas 2
SDN….. Tahun Pelajaran 2010/2011
Penerapan Pendekatan Kolaboratif Murder Dalam Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi Para Siswa Kelas XI IPS1 SMAN
Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Tanya Jawab
Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri……… Tahun
2010/2011
Penerapan Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran
Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan
di Kelas VII SLTP Negeri 1 Palu
Penerapan Pendekatan Struktur Konsep untuk Peningkatan
Pemahaman dan Penerapan Konsep Fisika dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP
Negeri 19 Palu
Penerapan Pengajaran Konseptual Interaktif dan Pemecahan
Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3
Singaraja
Penerapan Perangkat Pembelajaran Inovatif dalam rangka
Peningkatan Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Kertajaya XIII Surabaya
Penerapan Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Surabaya
Penerapan Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum
Teaching untuk Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada
Siswa Kelas III di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2005 – 2006
Penerapan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kompetensi
Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan
Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Kelas II
SMP Negeri 2 Singaraja
Penerapan Strategi Suggestopedia dalam upaya Meningkatkan
Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP
Negeri 1 Palembang
Pengaruh Pembelajaran Dengan Pemberian Balikan Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas ………………………………………….. Tahun
Pelajaran 2010/2011
Pengaruh Pengembalian Tugas “PR” Siswa Terhadap Motivasi
Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri …. Kecamatan …. Kabupaten…. Tahun Pelajaran 2010/2011
Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui
Pemanfaatan Pertanyaan “Bagaimana Jika …” pada Siswa Kelas X MAN Malang I
Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui
Pemanfaatan Pertanyaan “Bagaimana Jika …” pada Siswa Kelas X MAN Malang I
Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam
Pembelajaran Fisika Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment
Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika
Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment
Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi
untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Produk Pembelajaran Pengetahuan Sosial
di Sekolah Dasar
Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi
untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Produk Pembelajaran Pengetahuan Sosial
di Sekolah Dasar
Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah
untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran
2006/2007
Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah
untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran
2006/2007
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk
Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk
Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan
Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model
Menulis Proses dan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang
Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model
Menulis Proses dan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang
Penggunaan Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities)
dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar.
Penggunaan Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities)
dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar.
Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang
Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang
Penggunaan Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan
Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa
Kelas I SMP Negeri 9 Semarang
Penggunaan Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan
Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa
Kelas I SMP Negeri 9 Semarang
Penggunaan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan
Membaca Cerita Siswa Kelas II SDN Jepara 2 Surabaya
Penggunaan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan
Membaca Cerita Siswa Kelas II SDN Jepara 2 Surabaya
Penggunaan Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan
Komunikasi Total untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas
Rendah di SLB Bagian B YPTB Malang
Penggunaan Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan
Komunikasi Total untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas
Rendah di SLB Bagian B YPTB Malang
Penggunaan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Sejarah
Islam Untuk Meningkatkan Penghayatan Terhadap Ajaran Islam Dalam Kehidupan
Sehari-Hari Siswa Kelas 2 SMP Negeri
Penggunaan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Sejarah
Islam Untuk Meningkatkan Penghayatan Terhadap Ajaran Islam Dalam Kehidupan
Sehari-Hari Siswa Kelas 2 SMP Negeri
Penggunaan Metode Poster Comment Dalam Pembelajaran Bahasa
Inggris Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 6 SD Negeri……….
Tahun Pelajaran…..
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative
Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia
Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Malang
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative
Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia
Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Malang
Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar
Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia
Siswa Kelas X SMA Negeri I Tumpang – Malang
Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar
Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia
Siswa Kelas X SMA Negeri I Tumpang – Malang
Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia
Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP Lab.
IKIP Singaraja
Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia
Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP Lab.
IKIP Singaraja
Penggunaan Software SIG Khusus dengan Pendekatan
Pembelajaran Aktif untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG pada
Pembelajaran Geografi di SMAN I Surakarta
Pengkombinasian Problem Possing dan Cooperative Learning
untuk Pengajaran Matematika di Kelas Unggul pada SMP Rintisan Sekolah Standar
Nasional
Penguasaan Kata-kata Bersinonim dalam Menyusun Kalimat
Efektif Guna Meningkatkan Mutu Belajar
Pada Siswa Kelas ……… Tahun Pelajaran 2005/2006.
Peningkatan Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi
Lingkungannya melalui Penggunaan Peta Konsep pda Pembelajaran Sosiologi Kelas
VII SMPN 1 Aikmel
Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Anak Autis melalui
Implementasi Pendekatan Individualized Education Program (IEP) di SDN Inklusif
Klampis Ngasem 1-246 Surabaya
Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial melalui
Pembelajaran Kontekstual Model Berkemah dan Media Pembelajaran Lingkungan di SD
Peningkatan Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh
(Hubungannya dengan Kehidupan Manusia dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan
Group Discussion di SDN Kranjingan 3 Sumbersari-Jembe
Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Teknik Tell Me What
You See I pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang
Peningkatan Kemampuan Membawakan Acara Dalam Aktivitas
Pembelajaran Berbicara Dengan Pendekatan Lesson Study Pada Peserta Didik Kelas
VIIIa SMPN
Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Instrinsik Dongeng
Melalui Teknik Bercerita Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Lubuk Linggau
Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI
SMA Negeri 4 Lubuk Linggau Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan
Journalist’s Questions
Peningkatan Keterampilan Berbahasa Membaca Siswa Kelas VII B
SMP Negeri Melalui Model Pembelajaran PBL Teknik Bercerita
Peningkatan Keterampilan Berbahasa Membaca Siswa Kelas VII B
SMP Negeri Melalui Model Pembelajaran PBL Teknik Bercerita
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan
Proses Membaca dalam Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit Kota Blitar
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui
Pendekatan Proses Membaca dalam Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit
Kota Blitar
Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F
SMP Negeri 2 Gatak Melalui Pola Latihan Berjenjang
Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2
Gatak Melalui Pola Latihan Berjenjang
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata
Pelajaran Bahasa Daerah di Kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo melalui Penerapan Asesmen
Autentik
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN 3
Metro Lampung
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Gejala-Gejala Alam dengan
Menggunakan Media Pembelajaran Mock Up di Sekolah Dasar Negeri Embong 2
Bandung.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Menggunakan
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas
5 SD Negeri 2 Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual (CTL) Kelas VII di SMP Negeri 3 Metro Tahun 2005
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah
Negeri Model Kota Palu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan
Kegiatan Pembelajaran di Laboratorium.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi
Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Kontekstual
Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan
Berpikir dalam Proses Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di
SMA Negeri-1 Palangkaraya
Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1
Palangkaraya dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan
Reinforcement
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran
Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri 24 Makassar
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pelajaran
Sejarah melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement
Devision) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto
Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA Negeri 21
Makassar
Peningkatan Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis
CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas
XI SMA Negeri 1 Jetis, Bantul Yogyakarta
Peningkatan Pemahaman Geografi dengan Strategi Pembelajaran
Berbasis Masalah dalam Kerangka Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kelas X
SMA Negeri I Batu
Peningkatan Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Matematika
dalam Bahasa Inggris melalui Supervisi Klinis di Kelas VII Koalisi SMP Negeri 1
Palembang
Peningkatan Pemahaman Konsep Hukum Bacaan Nun Mati Dan
Tanwin Serta Mim Mati Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 1
Pada SMP Negeri
Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi
M2E (Mapping, Matrix, & Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 5
Banjarmasin
Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas 3 SMP Negeri Terhadap
Konsep Kelangsungan Hidup Organisme Melalui Pendekatan Inkuiri Terpimpin
Peningkatan Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran
Pengetahuan Sosial dengan Teknik Jigsaw di SMP Negeri 17 Palembang
Peningkatan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses
dan Media Gambar di Kelas II SDN Menteng 6 Palangkaraya
Peningkatan Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa
Madrasah Ibtidiyah Aliyah II Palembang melalui Strategi Kooperatif Integrasi
Membaca dan Menulis
Peningkatan Penguasaan EYD Karangan Narasi dengan Teknik
Koreksi Teman Sebaya Siswa Kelas VI SD Anjasmoro 02 Semarang
Peningkatan Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP
Muhammadiyah Sumbang melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode
Discovery
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar
Segi Empat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif Siswa Kelas VII-A
Uptd SMP Negeri
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar
Segi Empat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif Siswa Kelas 2 SMP
Negeri
Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Menulis Permulaan Anak
Berkesulitan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode
VAKT di SD Permata Hijau Rancaekek Kab. Bandung
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Partisipatif Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI.IPS.2
Peningkatkan Prestasi Belajar Masalah Ekonomi Internasional
Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Siswa Kelas XII-Is SMA Negeri Semester I
Melalui Penerapan Metode Bervariasi
Perbaikan Teknik Menyanyikan Nada-nada Melodi melalui
Teknologi MIDI di SD Negeri Kalasan I – Yogyakarta
Perbandingan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Yang
Diajar Dengan Model Pembelajaran Konvensional, Problem Solving dan STAD Pada
Materi Hidrolisis Garam Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Tahun Ajaran 2007/2008
Strategi Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan
Konseling untuk Meningkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN 1
Selong
Tindakan. Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd
Melalui Peranan Hadiah Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi
Upaya Meminimalkan Miskonsepsi Dan Meningkatkan Pemahaman
Konsep-Konsep Ipa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik Bagi Siswa Kelas Iv Sd
Upaya Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui
Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran
Matematika di SMA Negei 7 Padang
Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Kimia sesuai KBK 2004 di
Kelas X SMA Negeri 5 Semarang dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD
Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Melallui Pemberian
Bimbingan Belajar Di SD anagiri Kab. Kulon Progo
Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal
melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran
2006 – 2007
Meningkatan Motivasi Belajar Grafitasi Dan Gerak Benda Mata
Pelajaran Ipa Melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas V Tahun Pelajaran
2010/2011
Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Grafitasi Dan Gerak Benda
Mata Pelajaran Ipa Melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas V Tahun Pelajaran
2010/2011
Upaya Meningkatkan Apresiasi Sastra Jawa Pengenalan Tokoh
Wayang Dengan Cara Permainan Dalang Sebagai Pancadan Pada Siswa Kelas IX A SMP
Negeri
Upaya Meningkatkan Gairah Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
Ips Dengan Menggunakan Media Gambar
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Sains Siswa Kelas IV
dengan Pendekatan Kontekstual pada Sekolah Dasar Negeri 6 Matangglumpangdua
Kecamatan Peusangan
Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Materi Benda
Berubah Bentuk Dengan Menerapkan Model Pengajaran Contextual Teaching and
Learning di Kelas Satu Tahun Pelajaran 2010/2011
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam
Proses Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model
Jigsaw di SMP Negeri 2 Mataram Kelas VIII
Upaya Meningkatkan Kedisplinan Siswa Melalui Penerapan
Hukuman
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan
Metode Presentasi Siswa Kelas Imersi SMP 1 Magelang Tahun Pembelajaran
2006/2007
Upaya Meningkatkan Kemampuan Puisi Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan
Menggunakan Pembelajaran Menyenangkan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri…… Tahun
Pelajaran 2010/2011
Upaya Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa
Kelas X2 SMA PGRI
Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Bidang Study
Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartun Melalui Komputer pada Siswa
Kelas II SD Negeri……… Tahun Pelajaran 2010/2011
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa
Indonesia di SMA Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan
Authentic Assessment
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan
Menerapkan Pendekatan Realistik Matematik di SDN Mekarsari 06 Tambun – Bekasi
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural
Think-Pair-Share) Siswa SMA Negeri I Metro Tahun Pelajaran 2006/2007
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas
VII-F SMP Negeri
Upaya Meningkatkan Pemahaman Geometri Mata Pelajaran
Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Konstruktifistik Kelas Satu SDN….
Tahun Pelajaran 2010/2011
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif
Teks Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning
500. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari
Naratif Teks Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi FPB dan KPK
dengan Mendayagunakan Alat Peraga dan Serangkaian Pertanyaan Kognitif di SD
Sekaran 01 Semarang
Upaya Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan
Konsep Esensial dan Peta Konsep di Kelas 2 SMP 7 Padang
Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran
PKPS melalui Program Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun
Pelajaran 2006/2007
Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran
PKPS melalui Program Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun
Pelajaran 2006/2007
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II
SMP Negeri 52 Palembang melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Si Sd Dengan
Pendekatan Ketrampilan
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Dengan Mengembangkan
Kemampuan Multiple Intelegensi Anak Kelas 1 SD Negeri……… Tahun Pelajaran
2010/2011
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Keragaman Suku
Bangsa Dengan menerapkan Kecerdasan Emosi (EQ) Siswa Kelas V SD Negeri…. Tahun
pelajaran 2010/2011
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan
Menerapkan Metode Pembelajaran Team Game Kompetition Pada Siswa KELAS IV
SDN……….. Tahun Pelajaran 2010/2011
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Dengan
Menggunakan Pembelajaran Demonstrasi
Pada Siswa SDN….. Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi
dengan Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA
Upaya Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model
Direct Instruction Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika (Studi pada
Siswa Kelas I-1 SMPN 12 Langsa)
Upaya Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan
Raklin dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri No. 9 Mandonga
Upaya Peningaktan Keaktifan Belajar Siswa melalui Metode
Demonstrasi dan Latihan pada Pembelajaran Teknik Tailoring Kelas II A Semester
3 SMKN 6 Padang
Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model
Mengajar Perubahan Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP Pembangunan
KORPRI UNP
Upaya Peningkatan Kemampuan Dalam Penguasaan Teknik Dasar
Lompat Jauh Gaya Menggantung (Schneper) Melalui Metode Drill Siswa Kelas X 2
Semester 1 SMA Negeri
Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Kelas V
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Cooperative Learning
Usaha Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui
Pendekatan Penyajian Garis Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA.
Sumber:
http://biotakson.blogspot.com/
100 JUDUL PENELITIAN ILMIAH - PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Bagian 2
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
April 22, 2015