INILAH ALASAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KELUARGA BAGI ANAK

Visiuniversal---Seperti yang kita ketahui bersama bahwa keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi seorang anak yang mempunyai peran yang sangat besar bagi perkembangan anak untuk menuju kehidupannya, sedangkan orang  tua/wali adalah pendidikan utama dan terpenting bagi anak. Dengan demikian orang tua/wali memiliki peran sangat besar dalam pendidikan anak. 

Karena itu keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh berfungsinya peran keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat sebagai tri-sentral pendidikan. Keluarga adalam merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama, sekaligus orang tua adalah pendidik yang pertama dan yang paling utama bagi anak-anak kita.

Keberhasilan pendidikan anak tergantung kepada keterlibatan keluarga. Banyak penelitian menunjukan bahwa keterlibatan orang tua/wali peserta didik di satuan pendidikan sangat penting dan memberikan manfaat besar seperti antara lain :

(1) bagi peserta didik mendukung prestasi akademik, meningkatkan kehadiran, kesadaran terhadap kehidupan yang sehat, dan meningkatkan prilaku positif; (2) bagi orang tua/wali, dapat memperbaiki pandangan tentang satuan pendidikan, meningkatkan kepuasan terhadap guru, dan mempererat hubungan dengan anak; dan (3) bagi satuan pendidikan memperbaiki iklim satuan pendidikan, meningkatkan kualitas satuan pendidikan, dan mengurangi masalah kedisiplinan.

Satuan pedidikan tidak dapat memberikan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan perserta didiknya, sehingga diperlukan keterlibatan bermakna dari orang tua/wali/keluarga dan anggota masyarakat. Pelibatan antara satuan pendidikan dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu "Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong". Oleh karena itu diharapkan Perlibatan antar satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat dapat berjalan dengan baik dan bermakna.




July 28, 2017

0 comments:

Post a Comment