8 CARA MUDAH MENGATASI GUGUP SAAT TAMPIL BERBICARA DI DEPAN UMUM

Visiuniversal---bagi anda yang sudah terbiasa berbicara didepan umum baik sebagai pembicara profesional, pengajar atau pun narasumber, untuk berbicara di dapan umum adalah hal yang biasa. Tetapi bagaimana dengan anda yang pemula dan pertama kali tampil berbicara didepan orang banyak, tentunya akan timbul perasaan grogi dan gugup yang sering melanda saat tampil di depan umum tersebut.

Seringkah anda merasa gugup ketika berbicara di depan umum? Beberapa orang pasti pernah mengalaminya. Kalau ada acara penting, Anda tentu sudah mempersiapkan diri sendiri secara matang beberapa hari sebelumnya. Tetapi terkadang sering terjadi semua yang telah anda persiapkan dengan matang langsung buyar begitu berhadapan dengan publik umum. Geregetan gak sih? Lalu apa yang harus dilakukan? Coba simak 7 cara yang baik berikut yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gugup saat tampil berbicara di depan umum.

Gambar/Foto: pixabay.com 
1. Berfikir Positif

Pertama kali yang harus anda lakukan, terutama dalam pikiran anda adalah anda harus berfikir positif. Berpikirlah bahwa anda akan tambil baik, penampilan anda akan sukses dan disukai banyak orang. Sering terjadi saat ingin bicara di depan umum, tentu akan timbul rasa takut dan cemas yang kemudian memicu segala pikiran negatif. Bagaimana saat Anda bicara, tidak ada yang memperhatikan? Bagaimana kalau tiba-tiba Anda lupa kata-kata yang harus diucapkan? Semua pikiran buruk itu akan bercampur menjadi satu dan Anda bisa semakin stres. Untuk mengatasinya, Anda dapat belajar dari orang yang telah berpengalaman atau bacalah buku motivasi agar Anda dapat tampil percaya diri di depan umum. Ucapkan pada diri Anda bahwa "Anda yakin bisa!" sebelum melangkah maju ke depan umum.


2. Jaga Kontak Mata

Hal terpenting saat menyampaikan materi atau berbicara di depan umum adalah kontak mata. Jagalah agar kontak mata terus menatap lawan bicara Anda. Hal ini dapat membuat lawan bicara seolah-olah merasakan kontak langsung dengan Anda. Jangan terlalu sering menunduk atau terpaku dengan membaca teks karena hal ini justru dapat meningkatkan rasa gugup yang ada. Melihat ke arah lain yang bukan lawan bicara juga biasanya akan membuat Anda cenderung lupa kalimat.


Gambar/Foto: pixabay.com

3. Berpenampilan yang baik

Tak hanya penting dalam menguasai materi, penampilan juga menjadi poin penting yang berperan dalam menghilangkan rasa gugup di depan orang banyak. Pastikan rambut dan riasan Anda telah rapi. Cek apakah ada sisa makanan pada gigi anda. Gunakan pakaian yang sesuai, pantas dan tidak berlebihan. Penampilan yang terjaga akan mengurangi rasa insecure Anda.



4. Latihan Vokal/ suara

Berbicara didepan umum untuk anda, tidak ubahnya seperti ketika akan tampil menyanyi. Bak artis yang akan membawakan sebuah lagu dengan suara yang indah dan bagus. Dalam berbicara di depan umumpun demikian, perlu memberikan suara yang baik, tidak mesti harus memiliki suara indah dan bagus, tetapi anda harus memiliki suara yang yang baik dengan intonasi, rima dan kejelasan pengucapan yang dapat ditangkap dengan baik oleh audiens.


5. Latihan Pernafasan

Jika rasa gugup tersebut tengah menghampiri, cobalah melatih napas sebelum tampil di depan umum. Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas anda. Pola napas Anda bisa cenderung pendek dan tidak teratur. Oleh karena itu, cobalah untuk tarik napas dalam dan buang napas secara perlahan-lahan. Tarikan napas yang dalam akan menenangkan diri dari rasa gugup.



6. Jadilah Diri sendiri yang terbaik

Banyak orang yang berbicara dibuat-buat, menirukan cara bicara orang yang mereka anggap baik atau idola mereka, itu tidaklah salah tetapi anda harus tetap menjadi diri anda sediri. Karena berperilaku dengan bayang-bayang orang lain tidaklah selamanya membuat kita nyaman. jadi jujurlah dengan diri sendiri bahwa yang berbicara adalah diri kita sendiri dengan kepribadian dan kemampuan maksimal yang telah kita miliki.


7. Latihan Rutin

Meski telah menyiapkan bahan secara lengkap, hal itu tetap tidak ada artinya jika Anda tidak latihan secara rutin terlebih dulu. Coba berlatih di depan cermin atau di kamar dengan membayangkan seolah-olah Anda berada di depan umum. Latihan bicara yang rutin ini terbukti efektif mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum. Anda juga bisa minta bantuan orang tua atau saudara untuk menjadi salah satu 'penonton' dan meminta feedback dan penilaian dari penampilan anda dari mereka. 

Gambar/Foto: pixabay.com
8. Perbanyak Jam Terbang

Sering-seringlah tampil berbicara di depan orang banyak, misalnya sering berbicara di depan kelas, diforum rapat atau seminar, walaupun sekedar sebagai penanya ketika anda menjadi peserta. Dengan terbiasa berbicara di depan orang banyak, dengan dilihat mata sekian banyak orang maka anda akan mahir dan terbiasa, dan andapun akan dapat menentukan gaya dan sikap terbaik anda dalam berbicara. 

Demikianlah 8 cara Mudah untuk mengatasi gugup saat tampil berbicara di depan umum, baik untuk pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang baru belajar pertama kali berbicara di depan orang banyak. Semoga tips ini bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung di blog visiuniversal ini. Sukses selalu.



July 21, 2020

0 comments:

Post a Comment