MENGENAL DAN MEMAHAMI OTAK MANUSIA SECARA UMUM

Visiuniversal---Para siswa dan peserta didik sekalian, dalam pembahasan kali ini terkait dengan kegiatan pembelajaran IPA yang membahas tentang anatomi manusia. Kita harus memahami tentang Otak kita agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan  otak tersebut. Berikut di bawah ini akan kita bahasa secara umum tentang otak manusia;


A. Pengenalan Otak

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Berat otak manusia pada umum nya hanya seberat 1,5 KG. Otak merupakan pusat dari keseluruhan tubuh manusia, otak mengatur dan mengordinasikan sebagian besar gerakan, prilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh.

Selain itu, Otak adalah sebuah organ tubuh yang mengalami proses evolusi yang paling dahsyat dan sempurna dalam sejarah perkembangan manusia. Ada yang bilang otak manusia sama dengan komputer atau sesungguhnya lebih canggih dari sekedar komputer. perbedaan nya, kalau kinerja komputer dapat diuraikan secara logika, tapi tidak untuk otak.

B. Bagian-bagian dalam Otak

1. Otak Besar

Otak besar atau cerebrum adalah bagian depan yang paling menonjol dari otak depan, Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Setiap belahan mengatur dan melayani tubuh yang berlawanan, belahan kiri mengatur tubuh bagian kanan dan sebaliknya.


2. Otak Tengah

Otak tengah adalah bagian otak yang mempunyai struktur tektum, terdiri dari 2 pasang colliculi yang disebut corpora quadrigemina. Inferior colliculi, terlibat pada proses pendengaran. Sementara itu, superior colliculi, berperan sebagai awal proses visual dan pengendalian gerakan mata.


3. Otak Belakang

Otak belakang meliputi jembatan Varol, sumsum lanjutan, dan otak kecil. Ketiga bagian ini membentuk batang otak. Jembatan varol berisi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil.


4. Otak Kecil

Otak kecil mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar.


C. Fungsi Otak

Fungsi otak dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak bagian kiri yang berfungsi bekerja secara logika dan otak bagian kanan yang berfungsi bekerja dengan imajinasi. Dalam arti lain belahan otak kiri berfungsi untuk matematika, bahasa verbal, membaca, menulis, logika, urutan, sistematis, dan analisis. 

Sementara itu belahan otak kanan berfungsi untuk kreativitas, konseptual, inovasi,gagasan, analogis, imajinasi, mengkhayal, warna, gambar, musik, melodi, dan irama.


D. Seberapa Besar Manusia Menggunakan Kapasitas Otak?

Kapasitas dari potensi pikiran sadar manusia hanya sebesar 12% dari otak nya, Sedangkan manusia rata-rata hanya menggunakan kapasitas otak sadar kurang dari 4%. Seorang yang jenius  dapat mengoptimalkan cara kerja otak sadar nya sebesar 5-6% dari kapasitas otak sadar manusia pada umumnya yaitu, 12%.

Manusia di dunia ini yang dapat menggunakan kapasitas otaknya sebesar 5-6% hanya kurang dari 100 manusia, jenis orang seperti demikian tidaklah banyak. Salah satunya adalah Albert Einstein.

Baca juga4 Bagian penting Otak Manusia di sini !!


Demikian tentang otak manusia dan bagian-bagiannya secara umum, semoga bermanfaat. terimakasih.



February 28, 2009

0 comments:

Post a Comment