Home » » CARA DAN TEKNIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAPAL

CARA DAN TEKNIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAPAL

Visiuniversal---Manusia mempunyai kemampuan dan kapasitas otak yang berbeda-beda, ada orang tergolong cerdas dan ada yang termasuk kurang cerdas. Untuk sebagian orang memang ada yang memiliki kelemahan terhadap kemampuan mengingat. Sehingga daya hapalan terhadap suatu materi pelajaran akan berkurang. Berikut latihan sederhana dan teknik efektif untuk meningkatkan kemampuan otak dalam menghapal.

1. Jika anda berjalan-jalan cobalah mengingat-ingat apa saja benda yang sudah pernah anda lalui dijalan. coba pejamkan mata sejenak lalu bayangkan dan ingat benda-benda yang telah anda lewati selama perjalanan

2. Jika anda melewati tangga, cobalah pejamkan mata anda sejenak, bayangkan dan hitunglah dari anak tangga pertama sampai terakhir, berapa jumlah anak tangga yang sudah anda lewati.

3. Biasakan berlatih menghitung dengan membayangkan angka-angka dalam benak anda, metode ini hampir sama dengan sempoa, lakukan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dengan membayangkannya dalam kepala kita tanpa menggunakan alat bantu. 

4. Berlatih menghapal dengan teknik asosiasi, menghapalkan sesuatu konsep dengan menghubungkannya dengan konsep yang lain. Misalnya anda ingin menghapal kata bahasa Inggris "Down" (jatuh) bayangkan kata Daun jatuh asosiasinya Down=Daun yang jatuh.

Demikian beberapa teknik cara meningkatkan kemampuan otak menghapal ini, lakukan teknik ini berulang-ulang insya Allah akan ada peningkatan terhadap kemampuan menghapal anda, sehingga belajar dan mengingat materi pelajaran akan semakin mudah...terima kasih semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar