Home » All posts
Membaca puisi dalam konsepsi ini menurut penulis diarahkan pada dua pengertian yaitu: Pertama,
membaca puisi dalam rangka memahami, mengapresiasi, dan menyelami puisi baik
secara kontemplatif ataupun imajinatif. Kedua membacakan puisi dengan kemampuan
reflektif dengan bentuk penyajian visual yang berpedoman pada pemahaman
interpretasi (penghayatan), penghayatan ekspresi vokal, visual dan olahtubuh,
dan pemahaman kreativitas.
Membaca puisi termasuk dalam
bagian apresiasi sastra. Oleh para ahli disepakati, bahwa pengajaran apresiasi
ini hendaknya dijadikan aspek sentral dalam pengajaran sastra. Pengajaran itu
sendiri pada hakikatnya adalah salah satu aspek dari pendidikan. Pendidikan
bertujuan memberikan pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman. Oleh karena itu,
keseimbangan dapat dicapai. Apabila keseimbangan itu telah dicapai, manusia
akan dapat menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat dan dapat
melaksanakan tugasnya dengan baik (Rusyana, 1989: 17).
Akhmad Solihin
March 01, 2014
CB Blogger
IndonesiaCARA PENDEKATAN MEMBACA PUISI SISWA
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
March 01, 2014
Nama Sekolah :
SMU
Mata Pelajaran :
Pendidikan SeniTeater.
Kelas/Program :
X
Semester :
2
Standar Kompetensi :
4. Mementaskan teater tradisi
Nusantara.
Akhmad Solihin
February 28, 2014
CB Blogger
Indonesia
CONTOH SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN PENDIDIKAN SENI X
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 28, 2014
Pengertian Sinopsis
Sinopsis adalah ringkasan atau garis besar naskah yang
menggambarkan isi dari suatu film atau pementasan yang dilakukan baik secara
konkrit maupun secara abstrak.
Fungsi dari sinopsis ini adalah
- Untuk memberikan gambaran ringkas dari isi naskah
- memberikan gambaran secara cepat mengenai isi naskah
- Sebagai pembuka/ prolog atau epilog dari naskah yang akan dipentaskan.
- Membuat gambaran jelas secara sederhana tentang urutan cerita dalam naskah.
- Draf pedoman pemeran atau pemain dalam pelaku improvisasi.
Sinopsis biasanya digunakan sebagai prolog bagi sebuah naskah baik dalam naskah pendek maupun naskah panjang untuk suatu pemetasan film dan terater panggung. Sinopsis akan memudahkan untuk mengetahui dan memahami secara lebih ringkas pada bagian awal dari suatu naskah tersebut.
Selain sinopsis naskah untuk pementasan di atas juga ada sinopsis lainnya, salah satunya misalnya sinopsis novel. Apakah sinopsis noverl tersebut? :
Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.
Langkah-langkah membuat sinopsis
- Sebelum membuat sinopsis, membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan, substansi dan esensi umum penulis.
- Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.
- Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
- Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
- Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel. (Sumber)
Sumber: disarikan dari berbagi sumber !!

PENGERTIAN DAN CARA MEMBUAT SINOPSIS
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 27, 2014
Soal-soal
Persamaan Garis Lurus.
1.
Hasil kali gradien dua garis yang
saling tegak lurus adalah –1 atau m1 ….. m2 = –1.
2.
Persamaan garis yang melalui titik
(x1, y1) dan bergradien m adalah y – y1 = m(x – x1).
3.
Persamaan garis yang melalui titik
(x1, y1) dan sejajar garis y = mx + c adalah y – y1 = m(x – x1).
4.
Persamaan garis yang melalui titik
(x1, y1) dan tegak lurus garis y = mx + c adalah .
5.
Persamaan garis yang melalui dua
titik dapat diselesaikan dengan substitusi ke fungsi linear y = ax + b.
Akhmad Solihin
February 26, 2014
CB Blogger
Indonesia
CONTOH SOAL MATEMATIKA PERSAMAAN GARIS LURUS
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 26, 2014
1. Diketahui Andi suka bermain Tennis,
Budi suka bermain Volly dan Sepak bola,Candra suka bermain Volly dan Didik
suka bermain Catur Nyatakan relasi tersebut dalam bentuk
a. diagram panah;
b. diagram Cartesius;
c. himpunan pasangan berurutan.

CONTOH SOAL MATEMATIKA "FUNGSI"
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 26, 2014
Soal-soal
Faktorisasi Suku Aljabar
1.
Sebutkan
Unsur-unsur bentuk Aljabar?
Jawaban:
Suku, Variabel atau perubah, Konstata, Koefisien

CONTOH SOAL MATEMATIKA FAKTORISASI SUKU ALJABAR
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 26, 2014
Satuan
pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan menyelenggarakan program
pendidikan dengan menggunakan sistem paket atau sistem kredit semester. Kedua
sistem tersebut dipilih berdasarkan jenjang dan kategori satuan pendidikan yang
bersangkutan.
Satuan
pendidikan SD/MI/SDLB melaksanakan program pendidikan dengan menggunakan sistem
paket. Satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK kategori
standar menggunakan sistem paket atau dapat menggunakan sistem kredit semester.
Satuan pendidikan SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK kategori mandiri menggunakan sistem
kredit semester.
Akhmad Solihin
February 26, 2014
CB Blogger
Indonesia
ATURAN BEBAN BELAJAR SATUAN PENDIDIKAN
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 26, 2014
1. Prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang
pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah
berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh
BSNP. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut.
a. Berpusat pada
potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip
bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan
kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan,
dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
Akhmad Solihin
February 25, 2014
CB Blogger
Indonesia
PERINSIP PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM
VISIUNIVERSAL | Blog Tentang Ilmu Pengetahuan, Pendidikan dan Teknologi, Tips Cara Belajar Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Seumur Hidup
at
February 25, 2014