PENDIDIKAN MEMBUNUH MU

 Visiuniversal----Menjadi sangat penting untuk memilih jalur pendidikan yang tepat dan sesuai dengan tujuan dan cita-cita kita yang sebenar-benarnya.

Menyimak judul tulisan diatas tentunya menimbulkan beberapa pertanyaam besar, MENGAPA Pendidikan yang dianggap salah satu faktor penting dalam menunjang kesuksesan seseorang, justru menjadi jalan buntu hingga menjadi sebab suramnya masa depan seseorang.

Berharap dengan memiliki pendidikan tinggi akan dapat memiliki karir yang cemerlang, memiliki kedudukan yang baik dalam jabatan yang mentereng. Tetapi kenyataannya banyak hasil pendidikan yang hanya benilai selembar kertas ijazah, yang tidak laku walau diobral dengan siap di upah sangat murah.



Sukses Tidak Ditentukan Oleh Ijazah


Jangan khawatir tak mampu sekolah tinggi, jangan merasa rendah diri bila tak masuk sekolah pavorit, jangan takut bersaing karena beda ijazah. Masa depan mu cerah dan suram tak di tentukan oleh ijazah. Tengoklah orang tua kita dahulu. Ada yang cuma petani tanpa ijazah tapi mampu menghidupi keluarganya, ada banyak penjual ikan dengan rutinitas berteman air dan kotoran, jauh dari wewangian mampu memiliki rumah bertingkat juga mobil mewah.


Di sekililingmu banyak yang bisa menjadi pelajaran. Bila saat ini dirimu belum kuliah, belum memiliki ijazah, hanya dengan bekerja kamu bisa membiayai pendidikanmu. Jangan pula telat berpikir, seakan-akan sekolah dan ijazah adalah jaminan punya karir cemerlang. Tanpa Ijazah tinggi bukan berarti masa depanmu suram, ijazah bukan pertanda memiliki ilmu dan ahlak tinggi, ijazah hanyalah sertifikat, bukan untuk di sombongkan. Banyak tuan tanah memiliki sertifikat tanah tapi tak punya sertifikat sekolah. Ijazah bukan kumpulan uang yang bisa membuatmu jadi orang kaya. Ijazah hanya sertifikat pertanda bahwa kamu pernah bersekolah, dan ilmu yang di miliki hanya sekedar teori. Sedangkan sukses adalah kumpulan pengalaman yang hanya bisa didapat saat berjuang

Banyak orang sukses harus pindah profesi. Banyak petani biasa lebih pintar dari sarjana pertanian. Banyak orang pintar jadi bawahan orang bodoh. Banyak lulusan kuliah jadi pengangguran, pedagang keliling, kuli bangunan dsb. Bahkan masih banyak lagi yang memiliki ijazah di jurusan tertentu tapi malah sukses berprofesi bukan di bidang latar belakang ilmu pendidikanya. Jangan berharap dengan mengandalkan ijazah bisa di terima jadi karyawan dan PNS juga memiliki jabatan tinggi. Jangan pula takut karena sekolah di pondok pesantren, anda tidak bisa jadi apa-apa. Bila otaknya sudah berpikir setelah sekolah dan kuliah akan kerja dimana, mungkin inilah keterlambatan berpikir, telat mikir. Di bawah matahari ini, ada banyak hal yang bisa di olah, jadi media untuk meraih kesuksesan.



Pengalaman Akan Membentuk Hidup

Untuk mu yang masih bertanya-tanya bisakah sukses tanpa ijasah, sementara diluar sana banyak saingan tenaga kerja dari orang lain yang punya Ijazah. Biarkan saja orang bangga memiliki ijazah tinggi, tak perlu cemas tidak di terima jadi PNS, karyawan swasta. Toh rejeki mu bukan di tentukan oleh ijazah, langkahmu tak akan mati karena tak punya ijazah tinggi. Kemauan dan semangat juangmu yang akan menjadi penentu masa depanmu, sukses atau tidak semua di tangan Allah. Pengalaman-pengalaman akan membentuk dirimu, hidupmu. Masih ada waktu untuk berbenah, masih ada waktu untuk meraih jenjang karir walau tak harus memiliki jabatan. Jangan iri dengan karyawan berpenampilan necis dan bersih, gaji mereka belum tentu seperti penampilannya. Jangan terlalu memandang tinggi pada mereka berpenghasilan tinggi, punya jabatan tinggi, toh belum tentu sedekah mereka tinggi. Banggalah dengan diri sendiri, menjadi orang jujur itu juga profesi tinggi di mata Allah, karena jujur sudah menjadi barang langka. Syukuri setiap detik kehidupanmu, penghasilan rendah atau tinggi tak menghalangi kita untuk bermanfaat bagi orang banyak, agar pada saatnya kita mampu membeli ijazah tertinggi, yaitu Husnul Khotimah. Teruslah Bergerak Teruslah Berkarya



sebuah Opini Untuk Berbagi

Renungan

Visiuniversal Pendidikan




August 28, 2023

0 comments:

Post a Comment