Home » , » CARA MENCANGKOK YANG BENAR DAN PRAKTIS

CARA MENCANGKOK YANG BENAR DAN PRAKTIS

Warga Belajar--sekalian--mari kita lanjutkan seri keterampilan berikut dengan kegiatan keterampilan bercocok tanam lagi. Kali ini dengan kegiatan pembibitan dengan cara Cangkok. Mencangkok adalah proses membuat bibit tanaman dengan mengusakahan tumbuhnya akar pada bagian batang atau cabang sehingga bagian itu dapat ditanam sebagai bibit atau tanaman baru.

Untuk kegiatan mencangkok ini ada beberapa peralatan yang harus kita persiapkan antara lain :
1. Pisau/ cutter atau alat pemotong lain yang tajam untuk mengupas kulit pohon yang akan dicangkok.
2. Tali pelastik untuk mengikat pembungkus dan penutup bekas sayatan.
2. Plastik Pembungkus / ijuk / sabut kelapa untuk menutup dan membungkus bekas sayatan.
3. Tanah atau moss (sabut kelapa yang telah dihaluskan hancur untuk media tumbuhnya akar.

Cara mengupas/ menyayat dan memotong kulit cabang atau batang tanaman yang dicangkok adalah sebagai berikut :
  • Kulit sekeliling cabang atau batang yang telah dipilih disayat dan dikelupas sampai bagian kayunya sehingga lapisan kambiumnya hilang.
  • Sayat cabang atau batang hingga benar-benar bersih dari bagian kulit ataupun cambium dari batang pohon tersebut.Balut dan tutup hasil kupasan yang sudang selesai, diberi media berupa tanah atau moss tadi untuk tumbuh bagian akarnya.
  • Tutup media tanah atau moss dengan plastik transparan, sabut kelapa atau ijuk dengan erat supaya media melekat pada bagian batang atau cabang yang dikupas. Jika membungkus menggunakan plastik sebaiknya diberi lubang-lubang kecil dengan cara ditusuk-tusuk untuk tempat resapan dan masuknya air.
  • Lakukan penyiraman rutin jika tidak terjadi hujan atau mencangkok pada saat musim panas. Tetapi jika curah hujan tinggi dapat mengandalkan siraman air hujan saja.

Selanjutnya jika dari cangkokan tersebut telah terlihat akar yang sudah tumbuh terlihat banyak, maka dapat dilakukan pemotongan. Kemudian pindahkan untuk ditanam atau di deder(dibibit dalam pot atau plyback) untuk dibesarkan hingga tanaman cukup besar dan kuat untuk ditanam ditempat yang kita inginkan. Catatan sebaiknya penanaman tanaman baru ini dilakukan tepat pada awal musim hujan untuk menjadi ketersediaan air penyiraman yang lebih baik. Lakukan perawan tanam dengan memberi pupuk baik pupuk kandang, pupuk buatan, pestisida dan diberi pagar dari kayu atau bambu untuk penunjang atau penguat pada batang pohon.

Untuk lebih jelasnya langkah-langkah mencangkok berikut ini dapat di lihat dalam film tayangan berikut ini :


Demikian seri keterampilan untuk memperbanyak bibit dengan mencangkok ini, semoga bermanfaat bagi warga belajar sekalian. Terimakasih.

2 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel