B. PENGUATAN TEORI - Peran Guru dalam Pembelajaran Sosial Emosional
Pembelajaran Sosial Emosional memerlukan guru yang tidak hanya mampu mengajarkan kompetensi PSE kepada siswa, tetapi juga telah mengembangkan kompetensi sosial emosional pada dirinya sendiri. Ada beberapa alasan mengapa hal ini sangat penting:
Pertama, dalam Pembelajaran Sosial Emosional, guru perlu menjadi teladan. Sehari-hari siswa akan melihat cara guru mengelola diri, mengambil keputusan yang bertanggung jawab, berempati, dan mengembangkan relasi yang sehat. Guru akan memberi contoh nyata tentang bagaimana menerapkan PSE dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mulai melakukan Pembelajaran Sosial Emosional di kelas atau di sekolah, salah satu fondasi penting yang perlu dibangun adalah hubungan positif antara guru dan siswa. Guru yang memiliki kesadaran sosial dan keterampilan berhubungan yang kuat dapat membangun hubungan yang suportif dan penuh rasa hormat dengan siswa, yang mendukung pembelajaran yang lebih baik.
Guru yang memiliki kesadaran diri yang baik mampu mengenali emosi dan bias pribadi, serta bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi interaksi mereka dengan siswa. Maka guru perlu menjadi pribadi yang reflektif, sehingga ia dapat terus mengembangkan dan menyesuaikan strategi pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan sosial emosional siswa secara lebih efektif.
Kompetensi sosial emosional yang dimiliki guru juga akan membantunya mengelola kelas dengan cara yang positif dan konstruktif. Dengan keterampilan pengelolaan diri dan pengambilan keputusan yang baik, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan kondusif, mengurangi perilaku negatif, dan meningkatkan keterlibatan siswa.
Guru juga perlu menyadari bahwa mengajar adalah profesi yang menuntut dan rentan terhadap
Guru tidak tumbuh di ruang hampa atau dapat mengembangkan diri sendiri tanpa dukungan dari lingkungan tempat ia tinggal atau bekerja. Sebagai asesor, Bapak dan Ibu juga dapat melihat bagaimana implementasi pengembangan guru untuk menumbuhkan kompetensi sosial emosional melalui :
|
Dengan mengembangkan kompetensi sosial emosional mereka sendiri, guru lebih siap untuk mengajarkan dan mendukung perkembangan sosial emosional siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat, lebih produktif, dan lebih mendukung
0 comments:
Post a Comment