Home » , , , » TEROBOSAN EINSTEIN YANG HADIR DI MASA KINI

TEROBOSAN EINSTEIN YANG HADIR DI MASA KINI

Visiuniversal--Kita mengenal Einstein sebagai seorang yang jenius, pemikir dan ilmuan besar yang memiliki sejumlah terobosan dan karya ilmiahnya yang sangat bermanfaat bagi kemajuan dunia. Tahun 1905 adalah tahun penuh prestasi bagi Albert Einstein (Baca Tentang Albert Einstein di sini !!), karena pada tahun ini ia menghasilkan karya-karya yang cemerlang, yang juga menjadi acuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kini. Berikut ini adalah terobosan Einstein yang hadir dan digunakan di masa kini;

1. Gelombang Gravitasi
Pada 11 Februari 2016, para ilmuan AS yang berbasis di Laser Gravitational-Wave Observatory (LIGO) menyatakan bahwa mereka mendengar dan mencatat suara dua lubang hitam yang bertabrakan hampir 1,3 miliar tahun cahaya jauhnya. Suara ini adalah bukti pertama gelombang gravitasi, yang sebelumnya telah diprediksi dan dikemukakan Einstein pada 1915.

2. Teori Relativitas Umum
Dalam teorinya, Einstein telah meramalkan adanya gelombang gravitasi di atas kertas lebih dari satu abad yang lalu. Temuan terbaru tidak hanya membuktikan teorinya, tetapi juga membuka cakrawala baru bagi para astronom untuk memahami lubang hitam lebih baik.

3. Tenaga Nuklir
Meskipun Einstein tidak pernah melakukan penelitian tentang teknologi atom atau nuklir, teori kesetaraan energi massa memainkan peran penting dalam membangun hubungan antara massa dan energi - yang menjadikan dasar untuk bom atom pertama.

4. Liquefied Petroleum Gas (LPG)
Salah satu dokumen yang diajukan oleh Einstein tentang gerakan Brown, membantu dalam memahami gerak acak partikel tersuspensi dalam cairan. Pencairan gas, atau perubahan gas ke cair dengan penurunan tingkat energi molekul, menjadi alasan mengapa kita dapat dengan mudah menggunakan LPG.

5. Global Positioning System (GPS)
Teori relativitas digunakan dalam banyak elektronik modern kita, termasuk sistem GPS, yang terdiri dari tiga komponen: komponen kontrol, komponen ruang, dan komponen pengguna.
Komponen angkasa terdiri dari satelit yang ditempatkan di orbit tertentu. Komponen kontrol terdiri dari stasiun ke yang semua data dari komponen ruang dikirim. 

Banyak efek relativistik terjadi pada sistem GPS. Karena setiap komponen dalam bingkai referensi yang berbeda, semua efek relativistik perlu diperhitungkan sehingga GPS bekerja dengan presisi. Jam yang digunakan dalam sistem GPS harus disinkronkan.
Dalam sistem GPS, medan gravitasi bumi harus dipertanggungjawabkan. Ada efek relativistik dalam satelit yang ada di ruang yang perlu diperhitungkan juga. Sistem GPS bekerja dengan presisi seperti karena Teori Relativitas.

6. Liquefied Natural Gas (LNG)
Sama seperti gas-gas lain, dengan teori Einstein yaitu bantuan gerak Brown, proses pengangkutan LNG yang berasal dari gas alam akan lebih ekonomis .

7. Warna Kuning Emas
Jawaban untuk warna permukaan emas yang mengkilap dapat ditarik dari teori relativitas Einstein. Emas, logam berat, memegang elektron yang dekat dengan inti, sehingga memancarkan panjang gelombang cahaya, yang berarti lebih sedikit cahaya yang nampak dari bagian biru dari yang terserap spektrum.

8. Pintu Otomatis
Berdasarkan prinsip-prinsip efek fotolistrik, seberkas cahaya yang dilemparkan pada foto-sensor, dan ketika seseorang menghalangi cahaya dengan berdiri di dekat pintu, maka pintu otomatis terbuka.

9. Televisi lawas
Belum lama ini kita mengenal televisi layar LCD atau TV Plat, tetapi sebelumnya banyak televisi yang masih memiliki layar tabung. Dengan bantuan teori relativitas Einstein, elektron dipicu dengan bantuan magnet, yang pada akhirnya membantu untuk membuat pixel menyala ketika menyentuh belakang layar.

10. Kamera Digital
Kamera digital menyerap cahaya melalui lensa ke sensor yang memiliki situs foto kecil (piksel) yang sensitif terhadap cahaya. Cahaya kemudian jatuh pada piksel tersebut, elektron dilepaskan oleh efek fotolistrik, yang kemudian membantu menghasilkan gambar.

11. Elektromagnetik
Elektromagnet didasarkan pada teori relativitas khusus Einstein. Bila Anda menempatkan kawat dengan arus DC satu sama lain, mereka menarik atau menolak tergantung pada arah di mana saat bergerak.

12. Mesin Roket
Adalah teori gerak Brown Einstein yang menjelaskan pencairan gas. Pencairan bahan bakar roket seperti hidrogen cair dan oksigen cair membuat mereka ramping dan lebih cocok untuk roket.

13. Merkuri adalah cairan
Teori relativitas khusus Einstein membantu mengungkap mengapa logam seperti merkuri cair. Sebuah atom berat seperti merkuri memiliki elektron yang bergerak sangat dekat dengan inti, karena ikatan lemah antara atom-nya, logam ini bisa mencair bahkan pada suhu kamar.

14. Pemindai Barcode
Sama seperti kamera digital, pemindai barcode menerima pola cahaya yang dipantulkan pada sel fotolistrik cahaya-sensitif.

15. Emas tidak menimbulkan korosi
Meskipun memiliki elektron tunggal di kulit terluarnya, emas tidak bereaksi seperti yang ditentukan oleh efek relativistik Einstein. Elektron tetap dekat dengan inti atom mencegah logam dari korosi. Penelitian ini sangat berpengaruh terhadap pengembangan tenaga atom di berbagai bidang kehidupan.

Demikian tentang Terobosan Einstein yang Hadir di Masa Kini, semoga bermafaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita. Terimakasih.

Source: http://u.msn.com/

0 comments:

Post a Comment