MENANGKAL PENYALAH GUNAAN NARKOTIKA PADA ANAK SEKOLAH

Penyalah gunaan NarkobaDewasa ini telah terjadi pergesaran kehidupan sosial yang mengarah pada penyimpangan perilaku dan kriminalitas, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza) atau yang populer diistilahkan dengan narkoba, dikalangan sekelompopk masyarakat kita menunjukan gejala yang semakin memprihatinkan. Apalagi mereka yang terancap jenis-jenis "pil Setan" ini sebagian besar adalah anak usia sekolah yang merupakan generasi penerus bangsa, dari mahasiswa hingga siswa sekolah. Bahkan, anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar pun terancam oleh pil dan suntikan tersebut. Kondisi semacam ini telah mengharuskan kita untuk turut berperan aktif dalam menanggulangi situasi yang sangat tidak menguntungkan ini. Selain harus berupaya menyelamatkan mereka yang sudah terjangkiti 'virus ketergatungan', memberikan benteng berupa pengetahuan yang benar dan bekal mental yang kuat bagi yang belum terkontaminasi merupakan hal yang sangat penting.

Marilah kita membentengi diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita dari serangan virus narkoba ini denga cara antara lain :
  1. Awasi pergaulan anak kita dengan mengarakannya pada pergaulan yang baik.
  2. Biptakan susana yang baik dalam keluarga, dengan membiasakan anak terbuka dan bertanggung jawab terhadap masalah dan persoalannya.
  3. Berikan anak pengertian dan pengetahuan tentang bahaya narkoba dan akibatnya terhadap masa depannya kelak jika terjerumus dengan narkoba tersebut.
  4. Awasi lingkungan sekolah waspada terutama orang-orang asing seperti penjual makanan dan minuman yang mencurigakan berhubungan dengan anak-anak kita. 
  5. Segera laporkan kepada yang berwajib jika ada aktivitas penyalah gunaan narkoba dilingkungan kita.
  6. Bentengi anak-anak kita dengan nilai-nilai agama, dengan memberikan pendidikan dan bimbingan agama untuk meningkatkan keimanan dan ketakqwaannya.
  7. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap kehidupannya dan masa depannya dengan memberikan arahan dan gambaran yang jelas tentang masa depannya kelak.
Demikian beberapa cara menangkal penyalah gunaan narkoba pada anak sekolah, semoga bermanfaat, jika anda mempunyai tips atau cara yang lain mohon di sare juga disini dalam kolom komentar...terimakasih.



December 27, 2013

0 comments:

Post a Comment