Home » » 10 TIPS MENJADI SUKSES DENGAN BERPIKIR POSITIF

10 TIPS MENJADI SUKSES DENGAN BERPIKIR POSITIF

Sukses bisa dicapai dengan lebih cepat dan lebih baik dengan berfikir positif, karena dengan berfikir positif akan mengarahkan kita pada perilaku yang lebih mendukung menuju kearah kesuksesan tersebut. Berikut beberapa tips mengembangkan pola pikir positif dalam kehidupan kita :

1. Menikmati hidup
Berpikir positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati dan lapang dada, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik dengan usaha yang lebih keras penuh keyakinan.

2. Melihat masalah sebagai tantangan
Seseorang yang berfikir positif akan melihat masalah-masalahnya sebagai tantangan yang menantang untuk diatasi, laksana bermain permainan game online dengan berbagai tantangan ia akan berusaha memecahkan dan mengalahkan tantangan dan halangan yang ada hingga permainan selesai.  Coba bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan membuat hidupnya seakan-akan paling sengsara di dunia.



3. Berpikiran terbuka (open minded) untuk menerima saran dan ide
Berpikiran terbuka (open minded) supaya kita menerima hal-hal baru, atau ide-ide segar yang dapat mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik.


4. Singkirkan pikiran negatif ketika pikiran itu timbul dan terlintas di benak
Sebuah pendapat mengatakan apa yang anda pikirkan bisa menjadi kenyataan. Jika kita memelihara pikiran negatif lama-lama, bisa-bisa kita malah seperti membangunkan singa tidur yang seharusnya tidak apa-apa malah menimbulkan masalah yang menghinggapi hidup kita.


5. Mensyukuri apa yang dimiliki
Bersyukur dengan apa yang telah dicapai dan miliki Dan bukan berkeluh-kesah tentang hal-hal yang tidak dimiliki. Biarkan apa yang belum dicapai jadi cambuk semangat dan motivasi untuk mencapainya.


6. Tidak mendengarkan pembicaraan atau gosip yang tidak menentu
Sudah lumrah yang namanya gosip berteman baik dengan pikiran yang negatif. Karena itu para pemikir positif akan berusaha menghindar untuk terlibat dalam omongan yang tidak ada manfaatnya.


7. Tidak buat alasan, tapi langsung buat tindakan
Anda tentu pernah mendengar kata NATO (No Action Talk Only). Yang jelas, para pemikir positif bukanlah penganut aliran ini. Begitu juga dengan NARO (No Action Review Only), NADO (No Action Dream Only), NACO (No Action Concept Only), NABO (No Action Briefing Only), NAMO (No Action Meeting Only), dan NASO (No Action Strategy Only).


8. Menggunakan bahasa positif
Gunakanlah kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme dan memberikan motiviasi untuk sukses, seperti: “Saya pasti bisa!”, “Tidak ada persoalan yang terlalu sulit untuk dipecahkan.”, “saya memang berbakat,” "orang lain mampu maka saya pasti mampu,"


9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
Seperti senyuman, mimik ekspresif ceria, berjalan dengan langkah tegap, gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan mantap. Para pemikir positif biasa berbicara dengan intonasi dan gerakan tubuh yang  bersahabat, antusias dan hidup.


10. Peduli pada citra diri
Dengan berusaha tampil baik. Bukan hanya diluar, tapi juga di dalam dapat menimbulkan pencitraan diri menjadi peribadi yang terlihat lebih mantap dan percaya diri. Sehingga segala aktivitas dilakukan dengan lebih bersemangat dan penuh keyakinan bahwa apa yang ingin dicapai akan berhasil dengan hasil yang terbaik. 


Demikianlah 10 tips untuk menjadi sukses dengan berfikir positif, semoga bermanfaat, terimakasih.

1 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel