PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER

Komputer, Monitor, PC, Keyboard
Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani "Computare" yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: "To Compute" yang artinya menghitung.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata untuk “orang yang menghitung” yang digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada tahun 1897 kata computer sebagai kata untuk”alat hitung mekanis”. Dan secara umum definisi komputer pernah dipakai untuk mendefinisikan dengan menggunakan atau tidak menggunakan alat bantu yang melakukan perhitungan aritmatika. Pada perang dunia ke ll, kata komputer sendiri dipakai oleh para pekerja wanita Inggris dan Amerika Serikat untuk menghitung jalan altileri perang menggunakan mesin hitung. Ada sebuah desain mesin hitung pertama kali yang disebut dengan mesin analitikal yang didesain oleh Charles Babbage. Dan ada juga slide rule yang merupakan alat mesin sederhana yang bisa dikatakan sebagai komputer.
Definisi komputer secara luas adalah sistem pengolah informasi atau yang mengolah informasi. Ada juga pengertian yang lainnya tentang komputer yang dipakai selama bertahun-tahun, dan ada juga beberapa kata yang mengandung arti komputer. Sehingga dalam pengertiannya terdapat pula seperti jenis kalkulator mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, slide rule dan semua komputer elektronik yang kontemporer. Jadi Komputer juga dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.

Menurut pengertian di atas, Komputer terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatu sistem.

Definisi komputer di atas sudah mewakili beberapa alat khusus yang hanya dapat memperhitungkan satu atau memiliki beberapa fungsi. Dengan pemrograman yang benar, sehingga semua komputer dapat mengolah sifat apapun(biasanya dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda merupakan hal yang membedakan antara komputer modern(sekarang) dengan komputer yang lebih awal. Dan dijamin mesin yang akan kita ciptakan dapat meniru alat perkomputeran pada masa depan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dalam sebuah pengertian dan definisi komputer secara umum adalah alat yang istimewa yang lebih awal atau tes yang berguna mengenali komputer. Pengertian secara umum merupakan salah satu dari persyaratan bahwa komponen suatu mesin harus sama dengan mesin Turing universal. Mesin yang sama dengan Turing universal ini merupakan mesin yang diproduksi pada tahun 1940 yang berada di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Dan mesin ini dikenal sebagai mesin Turing terlengkap. Untuk lebih jelasnya, lihatlah artikel sejarah komputer.

Ada beberapa komputer yang masih menggunakan arsitektur Von Neumann pada tahun 1940 yang diusulkan oleh John von Neumann. Ada beberapa definisi komputer dengan 4 bagian utama yang diarsitekturi oleh Von Neumann, yaitu alat masukan dan hasil(secara kolektif dinamakan I/O), memori, unit kontrol dan Unit Aritmatika dan Logis(ALU). Dan pada tahun 1940 teknologi pada komputer digital sudah berganti hingga menjadi yang lebih canggih lagi.

Berikut Definisi Komputer Menurut pandangan dan pendapat Para Ahli:

Menurut: Donald H. Sanderes, 1985
    Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

Menurut: Robert H. Blissmer, 1985
    Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut: Larry Long dan Nancy Long
    Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Menurut: Elias M. Awad
    Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Menurut: William M. Fuori
    Fauri berpendapat, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Menurut: Williams, Sawyer
    Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

Demikian pengertian dan definisi komputer baik secara etimologis maupun pengertian komputer menurut para ahli yang memiliki pemahaman yang tidak berbeda jauh. Masing-masing pendapat di ungkapkan dalam buku mereka dan di terbitkan pada tahun yang berbeda karena itu definisi dan pengertiannya pun sesuai dengan perkembangan jaman dimana para ahli tersebut berada. Semoga bermanfaat. terimakasih.

Sumber : disarikan dan diadaftasi dari berbagai sumber



February 10, 2014

31 comments:

  1. Makasih artikel nya gan :D Saya jadi tahu mengenai komputer sekarang :D


    Kunjungi Balik ya gan Blog saya : Taufiq Rahman Atau www.rahman371.wordpress.com


    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taufiq Rahman : Terimakasih juga sudah berkunjung di visiuniversal... ane meluncur ke www.rahman371.wordpress.com...salam.

      Delete
  2. Untuk para kawand yang sulit banget belajar ngebenerin komputer sendiri.. dan harus buang-buang waktu ke kursus... pasti sudah lelah kan... sekarang waktu nya kami yang membimbing anda sampai anda handal hanya di :
    http://www.qbonk.com/?reg=ankga-maru
    anda bisa menjadi master teknisi komputer berpenghasilan tak terbatas.

    ReplyDelete
  3. Thx gan, sangat membantu untuk tugas kuliah gan, salam kenal :) www.wardanashop.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2..gan ..ok ane meluncur ke www,wardanashop.com... mantap..

      Delete
  4. mantap gan.
    visit again
    http://brema-blog.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. kak boleh copy gag buat pelajaran di sekolahku.... ?

    ReplyDelete
  6. makasih infomasi na gan, izi copy untuk makalah. terim

    ReplyDelete
  7. ooh begitu ya pak... terimkasih ane jadi ttg arti dari komputer

    ReplyDelete
  8. thanks gan Postingan nya sangat bermanfaat , jangan lupa mampir ke blog saya


    http://kumpulankhotbahterbaru.blogspot.com

    http://yunifermangamba.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. info yang bagus gan http://it-komputer-aceh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. Izin share penjelasan mengenai pengertian komputer.

    Visit-> http://fenom-blog.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. http://duniakomputerit.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  12. thanks kangg. jika berkenan kunjungi juga komputerpartner

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas turitorialnya izin shared,buat belajar di rumah,kunjungi kami http://www.itbriscorhorizon.com/

    ReplyDelete
  14. terimakasih artikelnya sangat membantu mengerjakan tugas saya, Bikin Hiren's Boot CD Booting Lewat Flash Disk Yuk !

    ReplyDelete
  15. jika anda mengalami masalah dengan HDD anda kunjungi web kami http://ainundiskrecovery.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  16. terima kasih atas kontennya sangat bermanfaat.

    silahkan kunjungi website kami untuk semua yang berhubungan dengan DVD tutorial mikrotik dan linux, trainning robotic, linux dan foss. dan jasa tentang linux dan mikrotik di http://linuxsupports.com

    ReplyDelete
  17. http://myitindonesia.blogspot.co.id/
    Kalau kalin cari yang lengkap tentang komputer. klik http://myitindonesia.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  18. Ask him about his new habits and interests. When you discover new things about your partner,Click here

    ReplyDelete