Home » » TIPS CARA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DENGAN SUKSES

TIPS CARA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DENGAN SUKSES

Ujian Nasional
Ujian nasional adalah suatu tahapan akhir bagi siswa setelah menempuh tiga tahun pendidikan dengan belajar disekolah, ujian adalah suatu langkah untuk memasuki tahapan selanjutnya dari mencapai kesuksesan dimasa depan. Berikut sedikit Tips Cara Menghadapi Ujian Nasional yang baik agar dapat sukses lulus dengan sangat memuaskan sebagai berikut:

1. Jaga Kesehatan dengan baik

Untuk menghadapi ujian besok hari jagalah kesehatan dari sekarang. Istirahat yang  cukup, makan makanan yang bergizi, nutri yang lengkap, tidak memaksakan beraktivitas dengan berat, tidak begadang, fokus dengan kegiatan ujian esok harinya.


2. Persiapan Awal ujian yang Matang

Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan dengan lengkap, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.


3. Tetap Tenang dan percaya diri

Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Karena percaya diri merupakan poin penting dari salah satu kesiapan dalam ujian nasional. Tanpa adanya kepercayaan diri terkadang otak kita bisa blank hilang konsentrasi. Caranya bisa dengan duduk yang tenang, santai, rileks. Usahakan datang ketempat ujian lebih awal dan tepat waktu agar tidak tergesa-gesa yang mengakibatkan kita kehilangan konsentrasi, menyebabkan grogi dan gugup.


4. Lakukan review Ulang dengan visualisasi kreatif

Ini sebuah metode menarik yang bisa digunakan untuk membantu pemanasan otak sebelum melakukan ujian. Caranya ingat-ingat dan bayangkan kembali dengan santai semua kegiatan yang berhubungan denga belajar dan pembelajaran kamu di sekolah, lakukan overrol semua yang terjadi dalam kegiatan belajar disekolah,ingat-ingat mata pelajaran apa yang diberikan, siapa guru pengajarnya, jumlah buku, LKS, kegiatan kelompok, isi materinya dan lain sebagainya, visualisasikan dan ingat kembali dengan jelas kegiatan belajar kamu dikelas. Ini ibarat menyusun kembali folder dan rak materi di dalam otak kamu agar mudah dibuka ketika ujian. 


5. Baca, Cermati lalu Pahami baru mengerjakan soal

Tips Menghadapi Ujian Nasional yang ini sangat penting, Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.


6. Hati-hati dalam mengisi dan memperlakukan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Dalam mengisi dan memperlakukan Lembar Jawab Komputer (LJK) sebaiknya hati-hati, jangan sampai basah, terlipat dan selalu menjaga LJK dari minyak, jika hal ini terjadi yang ditakutkan adalah tidak mesin scanner tidak dapat mendeteksi jawaban anda. Tentunya hal ini dapat berakibat fatal.


7. Sisakan waktu 10%  untuk memeriksa ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Finishing dilakukan dengan melihat lebih detail bagian-bagin yang mungkin terlewati. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan cepat dan ringkas.


8. Awali dan Akhiri dengan berdoa

Semua yang kita lakukan di dunia adalah usaha dan tuhanlah yang menentukan, karena itu sebelum kita mulai mengerjakan dan sesudah mengerjakan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan kemudahan dan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya untuk melakukan suatu usaha jika hambaNya mengiringi usahanya tersebut dengan berdoa.

Demikian Tips Cara Menghadapi Ujian Nasional yang baik, semoga kamu semua lulus dengan sangat memuaskan. terimakasih.

1 komentar:

Posting Komentar