Home » » 10 PENYEBAB KONFLIK DALAM MASYARAKAT

10 PENYEBAB KONFLIK DALAM MASYARAKAT

Konflik, tawuran, konflik individu, konvlik sosial
Berkaitan dengan penyebab konflik di masyarakat, dari berbagai bentuk konflik yang ada di dalam masyarakat, unsur perasaan memegang peranan penting dalam mempertajam perbedaan yang ada sehingga setiap pihak berusaha saling mengalahkan. Konflik yang terjadi dalam berbagai bentuk tersebut bisa berubah menjadi kekerasan apabila konflik sudah mencapai taraf mencederai, penyebab matinya orang lain, dan menimbulkan kerusakan fisik atau barang orang lain.

Konflik sosial, penguatan identitas etnis, dan keinginan daerah untuk memerdekakan diri merupakan sebuah gejala universal yang muncul sejak akhir abad lalu. Sejak Uni Soviet terpecah dengan berabagai perubahan dramatis muncul diberbagai belahan bumi. Ketika komunisme bukan lagi ancaman, konflik antarnegara tidak lagi mengancam. Namun, konflik dan peperangan di dalam satu negara bermunculan. Negara-negara terpecah, identitas etnis dan agama menguat, serta konflik antarkelompok masyarakat dalam satu negara.


Dengan demikian, sebenarnya sebab-sebab apakah yang menyebabkan munculnya konflik? Berikut ini 10 penyebab konflik dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut:
  1. Perbedaan pendirian dan perasaan orang seorang makin tajam sehingga timbul bentrokan perseorangan
  2. Perubahan sosial yang terlalu cepat di dalam masyarakat sehingga terjadi disorganisasi dan perbedaan pendirian mengenai reorganisasi dari sistem nilai baru.
  3. Perbedaan kebudayaan yang memengaruhi pola pemikiran dan tingkah laku perseorangan dalam kelompok kebudayaan yang bersangkutan. Hal ini akan menimbulkan pertentangan kelompok.
  4. Bentrokan antar kepentingan, baik perseorangan maupun kelompok, misalnya kepentingan ekonomi, sosial, politik, ketertiban, dan keamanan.
  5. Permasalahan di bidang ekonomi, seperti kelangkaan beberapa kebutuhan pokok masyarakat.
  6. Lemahnya kepemimpinan pada berbagai tingkatan (weak leadership)
  7. Ketidakadilan yang dirasakan oleh sebagian atau seluruh kelompok masyarakat
  8. Rendahnya tingkat penegakan hukum (lack of legal mechanism)
  9. Tererosinya nilai-nilai tradisional yang mengedepankan kebersamaan dan harmoni (erosion of traditional community strengthening values).
  10. Sejarah opresi pemerintah pada masa lalu terutama melalui kekuatan militer bersenjata (past history of goverment oppression
Demikian 10 penyebab konflik dalam masyarakat yang sering terjadi dalam kehidupan kita dan dapat kita pelajaran sebagai salah satu kajian dalam memahami ilmu sosial atau sosiologi, semoga bermanfaat. terimakasih.

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber!!

1 komentar:

Posting Komentar