Home » » INILAH JENIS-JENIS IKAN AIR TAWAR YANG DIBUDIDAYAKAN

INILAH JENIS-JENIS IKAN AIR TAWAR YANG DIBUDIDAYAKAN

Budidaya ikan Mas
Visiuniversal---Di Indonesia banyak terdapat ikan yang dapat dikonsumsi, baik yang bersumber dari air tawar maupun air laut. Ikan-ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika diusahakan dan budidayakan dengan baik. Tetapi dari jenis ikan tersebut, yang lebih mudah untuk dibudidayakan adalah jenis-jenis ikan air tawar, karena tidak tergantung dari tempat dan wilayah yang terbatas seperti ikan laut. Jenis ikan air tawar menurut kegunaannya digolongkan menjadi dua, yaitu golongan ikan hias dan golongan ikan konsumsi. Dari kedua golongan ikan tersebut terdapat beberapa jenis ikan yang dapat digolongkan ke dalam golongan ikan hias sekaligus ikan konsumsi. Jenis ikan air tawar ini dapat dikonsumsi sekaligus dapat juga dijadikan ikan hias karena keelokan badannya misalnya ikan sepat dan ikan mas.


Golongan ikan hias memiliki banyak jenisnya dengan ukuran badan dan warna badan beranekaragam. Jenis-jenis ikan hias umumnya tidak untuk dikonsumsi, tetapi untuk dipelihara sebagai hiasan pelengkap keindahan di taman atau di ruanga tamu. Golongan ikan konsumsi memiliki banyak jenis dengan ukuran badan dan warna badan yang beragam. Jenis-jenis ikan yang tergolong ikan konsumsi sangat sesuai untuk bahan pangan. Jenis ikan konsumsi memiliki tingkat produktivitas daging yang tinggi sehingga cocok sebagai bahan makanan. Jenis ikan konsumsi jika dibudidayakan dengan baik dapat memberikan hasil yang tinggi (ton per satuan luas) sehingga dapat memberikan keuntungan yang tinggi.

Jenis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi tidak semua mendatangkan keuntungan yang sama besar karena masing-masing jenis memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda, baik dari segi ukuran tubuhnya, ketebalan dagingnya, percepatan pertumbuhannya, dan kelezatan dagingnya. Oleh karena itu, pengenalan jenis-jenis ikan air tawa yang berpotensi untuk dibudidayakan sangat penting bagi para petani ikan yang berorientasi agribisnis.

Berbagai macam jenis ikan air tawar yang telah dientaskan dari perairan umum ke kolam budidaya banyak sekali seperti nama ikan-ikan beserta Nama latinnya berikuti ini:

1. Ikan Nila (Tilapa nilotica L)
2. Ikan Nilem (Otiochilus haseeltii)
3. Ikan Mas/Tomboro (Cyprinus carpio L)
4. Ikan Tawes (Puntius javanicus)
5. Ikan Sepat Siem (Trichogastio pectoralis R)
6. Ikan Gurami (Osphyronemus gouramy)
7. Ikan Gabus (Ophiocephalus Stariatus)
8. Ikan Betok (Anabas testudineus Bloch)
9. Ikan Biawan (Helostoma temminchii c.v)
10.Ikan Patin (Pangasius Pangasius)
11.Ikan Toman (Ophiocephalus micropeltes)
12.Ikan Jelawat (Leptobarbus hoeveni BLkr)
13.Ikan Mujair (Tilapia mossabica)
14.Ikan Betutu (Oxyeleatris masmorata BLkr)
15.Ikan Lele (Clarias batrachus)
16.Ikan Belut (Apodes)
17.Ikan Sidat (Anguilla sp)
18.Ikan Hampal/palung (Hampala macrolepidota)
19.Ikan Jendil/Wakkal (Pangasius micronema BLkr)
20.Ikan Sengkaring (Labeobarbus siamensis)
21.Ikan Bader Bang (Puntius bromoides
22.Ikan Kutuk (Channa satriata)
23.Ikan Saren (Anabas testdineus)
24.Ikan Sili (Macrognathus aculeatus)
25.Ikan Baung (Macrones sp)
26.Ikan Tageh (Macrones helitius)
27.Ikan Mengkreng (Pegasius nasutus)
28.Ikan Lampan (Puntius schwanefeldi)
29.Ikan Tambakan (Helostoma sp)
30.Ikan Bogo (Ohiocephalis gachua)


Dari sekian banyak ikan air tawar tersebut, jenis ikan gurami, ikan nila, dan ikan mas adalah jenis ikan air tawar yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Nilai jual yang tinggi permintaan serta kebutuhan ikan ini yang terus menerus ada dapat menjadi pertimbangan akan pentingnya budidaya ikan tersebut.

Sumber: Dari berbagai sumber
Sumber gambar: cara-budidayaikan.blogspot.com

7 komentar:

Posting Komentar