Home » » PERBEDAAN LAPTOP, NOTEBOOK DAN NETBOOK

PERBEDAAN LAPTOP, NOTEBOOK DAN NETBOOK

Accer Iconia
Di abad milenium dengan teknologi super canggih dewasa ini, perkembangan teknologi terasa begitu cepat bergerak maju. Beberapa tahun lalu kita masih menikmati teknologi komputer meja atau yang biasa disebut PC dekstop yang terasa sangat rumit dan kaku, sekarang komputer sudah beralih ke bentuk yang lebih mobile, simpel, mudah dibawa kemana-mana. Istilah-istilah baru seperti komputer tablet, netbook, notebook, laptop, ultrabook dll terus bermunculan yang terkadang membuat bingung.
Komputer portable sudah menjadi barang kebutuhan masyarakat kita dengan semakin tingginya kebutuhan akan produktivitas dan koneksi. Sebenarnya perbedaan istilah antara netbook, laptop dan notebook tidak menjadi masalah, apapun perangkat yang dipilih selama spesifikasinya memenuhi kebutuhan kita sehari-hari maka tidak masalah memilih yang mana. Namun demikian tidak ada salahnya kita mengetahui perbedaan antara ketiganya


Dari segi ukuran

Perangkat yang paling kecil adalah netbook yang memiliki ukuran layar antara 7-12 inchi kemudian notebook dengan ukurang 12-18 inchi dan yang paling besar adalah laptop. Ukuran laptop biasanya lebih besar, tebal dan sedikit lebih berat dari notebook.

Spesifikasi

Netbook merupakan versi mini dari notebook dan laptop dari segi ukuran maupun spesifikasi komponennya. Biasanya netbook menggunakan prosesor atom, ram antara 1-2Gb dan grafis yang pas-pasan. Dari segi baterai, netbook memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan yang lain. Netbook cocok digunakan untuk keperluan yang tidak membutuhkan resource besar misalnya untuk berselancar di internet, mengolah dokumen dan multimedia ringan. Harga netbook cukup terjangkau yakni antara 2-5 juta rupiah meskipun ada juga produsen yang memproduksi netbook dengan spesifikasi tinggi dan harga lebih mahal.

Dibandingkan dengan perangkat lain, notebook memiliki spesifikasi yang paling lengkap dan tinggi. Sebuah notebook bisa dilengkapi dengan kapasitas hardisk yang besar dan cepat. komponen lainnya seperti RAM, prosesor dan kartu grafis juga lebih tinggi dibanding dengan perangkat lainnya. Spesifikasi Notebook dibuat sebagai pengganti komputer dekstop sehingga spesifikasinya mendekati komputer dekstop.itu sebabnya harga notebook bisa sangat tinggi mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Dalam kaitannya dengan Notebook, terdapat Ponsel ultra cahaya yang mempertahankan sistem operasi penuh dan fungsi yang disebut subnotebook atau ultraportable. Spesifikasi Notebook yang memenuhi syarat untuk masuk dalam kategori ini bisa agak sewenang-wenang tetapi secara umum mesin akan secara signifikan lebih kecil dan lebih ringan dari rata-rata laptop dan notebook. Berkualitas tinggi, daya rendah komponen juga menghasilkan waktu yang lebih lama antara pemakaian baterai. Atribut Perbedaan Laptop dan Notebook ini menguntungkan untuk membuat ultraportables dua sampai tiga kali lebih mahal dibandingkan yang lebih besar dan berat darinya.

Dalam setiap kelas, ultraportable, standar, kelas menengah dan netbook, ada model yang jatuh antara kelas yang berdekatan. Sebuah ultraportable di final kelas berat, misalnya netbook, atau pada akhir kelas yang lebih besar dan beefier yang mungkin dianggap standar oleh beberapa laptop. Model pada klasifikasi batas dapat dipasarkan sebagai klasifikasi Perbedaan Laptop dan Notebook lebih diinginkan untuk alasan yang jelas. Klasifikasi lain yang tidak disebutkan di sini juga ada, seperti laptop untuk penggunaan militer atau lapangan, dan subnetbooks ultra-kecil, yang dapat menampilkan fitur kecil seperti 2.8-inch (7.11cm).

Laptop Mid Class umumnya berat sekitar enam pon (2,72 kg) dengan layar 15-17 inci (~ 38-43 cm) diukur secara diagonal. Keyboard yang luas dan DVD dapat dimasukkan dalam kapasitas Blu-ray. USB dan port FireWire, Wi-Fi, Ethernet, Bluetooth, Webcam dan card reader flash sekarang standar di semua namun beberapa mesin lebih terjangkau, dengan harga mulai sekitar $ 400 dolar AS (USD). Komputer di kelas ini pada dasarnya menjadi pengganti desktop, perbedaan sebelumnya kabur lagi untuk mengklasifikasikan mobiles desktop yang sangat berat sebagai model diarahkan fitur dari portabilitas, meskipun beberapa laptop tergolong berat.

Ada yang mengatakan bahwa notebook dan laptop itu sama namun ada pula yang mengatakan bahwa keduanya sangat berbeda. Jika dilihat dari perkembangannya notebook merupakan perkembangan lebih lanjut dari laptop dimana orang membutuhkan spesifikasi komputer portable yang lebih tinggi dan ukuran yang sedikit kecil serta lebih ringan untuk memudahkan saat dibawa-bawa. Saat ini semakin sulit membedakan mana yang laptop dan mana yang notebook karena keduanya memiliki spesifikasi yang mirip. Tampaknya sekarang keduanya lebih pada perbedaan penyebutan saja, di Amerika istilah notebook lebih populer dibanding laptop sedangkan di Indonesia sebaliknya.

Demikian beberapa perbedaan antara laptop, notebook dan netbook, semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

Sumber: http://apaperbedaan.blogspot.com/
..dengan sedikit Perubahan dan Penambahan..

2 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel