Home » , , » 8 PRINSIP BELAJAR ORANG DEWASA

8 PRINSIP BELAJAR ORANG DEWASA

Pembelajaran orang dewasa, Keaksaraan fungsional, Prinsip belajar orang dewasa di keaksaraan
Orang dewasa sangat berbeda dalam hal belajar dengan anak usia sekolah atau yang masih belia. Belajar orang dewasa lebih cenderug bersifat mandiri, orang dewasa tidak ingin diajar tapi ingin belajar, dan orang dewasa tidak ingin diguru'i, tetapi ingin berguru. Demikian ungkapan yang menggambarkan tentang bagaimana sebenarnya belajar orang dewasa itu. Berikut ini beberapa prinsip belajar orang dewasa  yaitu:
               

1. Nilai Manfaat
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila apa yang ia pelajari mempunyai nilai  manfaat bagi dirinya.

2. Sesuai Dengan Pengalaman
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila apa yang dipelajari itu sesuai atau sejalan dengan pengetahuan dan pengalaman yang ada dalam dirinya.

3. Masalah Sehari-hari
Orang dewasa  akan belajar  dengan baik,  apabila bahan yang dipelajari itu berpusat di sekitar masalah sehari-hari dan ia mempunyai kesempatan untuk mempraktekan, memecahkan permasalahan dengan berbagai cara.

4. Paktis
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila apa yang dipelajarinya itu praktis dan mudah diterapkan. Ini berarti hal-hal yang sulit enggan untuk dipelajarinya.

5. Sesuai Kebutuhan
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila apa yang ia pelajari sesuai dengan kebutuhannya. Setiap orang mempunyai kebutuhan dan apabila kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan cara belajar, maka ia akan sangat bergairah untuk belajar.

6. Menarik
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila apa yang dipelajari itu menarik baginya. Jika pelajaran itu mudah dan merupakan hal yang baru, maka orang dewasa akan dengan senang hati terlibat dalam proses belajar.

7.Berpartisipasi Secara Aktif
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila ia turut ambil bagian secara penuh. Suatu kegiatan belajar yang kurang melibatkan pesertanya akan kurang menarik dan menjenuhkan pesertanya.

8. Kerja Sama
Orang dewasa akan belajar dengan baik, apabila situasi antar tutor/ fasilitator/ pelatih dan pesertanya terdapat kerjasama dan saling menghargai satu sama lain. Dalam situasi semacam ini, terdapat rasa aman pada diri peserta dalam melakukan kegiatan.


Demikian 8 prinsip belajar orang dewasa yang harus kita pahami, semoga bermanfaat, terimakasih.

4 comments:

Post a Comment