Home » » IKAN NAPOLEON (CHEILUNUS UNDULATUS)

IKAN NAPOLEON (CHEILUNUS UNDULATUS)

Ikan Napoleon (Cheilunus Undulatus) adalah salah satu jenis ikan karang besar yang hidup pada daerah tropis. Panjang ikan ini bisa mencapai 1.5 meter. Dan beberapa ikan bisa mencapai ukurang sampai 180 kg pada usia 50 tahun. Kehidupan hewan ini umumnya sama dengan ikan karang lain yang hidup secara soliter. Salah satu keunikan hewan ini adalah lingkar bola matanya yang dapat melihat arah sudut pandang sampai 180 derajad. Ikan ini mempunyai pola produksi yang hermaphrodite. Biasanya ikan ini lahir sebagai hewan jantan dan akan berubah menjadi betina saat menjadi dewasa.

Ikan ini memiliki cara makan yang unik sebagai ikan karang yaitu dengan kuat sekali membongkar karang mati dengan gigi besarnya untuk mencari siput dan cacing-cacing yang terkubur. Mereka gemar sekali makan kerang-kerangan yang berukuran besar seperti Triton. Ikan ini sanggup memecahkan cangkang kerang-kerangan tersebut dengan mudah untuk diambil dagingnya. Bunyi gerusan mulutnya ketika makan, sangat menarik bagi para penyelam wisatawan yang melihat ikan ini seperti sekelompok anak-anak kecil yang sedang memakan kembang gula. Kadang-kadang juga ikan besar ini mengasah giginya pada karang massif (padat) sehingga meninggalkan bekas goresan-goresan yang berbentuk menakjubkan.

Ikan Napoleon banyak terdapat di Kepulauan Anambas, Pulau Laut Natuna dan sekitar Laut Cina Selatan. Ikan ini menjadi ikan karang termahal yang banyak ditangkap oelh para nelayan dan di ekspor ke luar negeri. Harga satu ekor ikan Napoleon bisa mencapai satu jutaan. Para nelayan menjadikan ikan Napoleon sebagai penopang hidup yang menjanjikan. Saat ini ikan Napoleon sudah dibudidayakan oleh masyarakat setempat.



0 komentar:

Posting Komentar