Home » , » MACAM-MACAM KEDAULATAN DAN KERJASAMA LUAR NEGERI INDONESIA

MACAM-MACAM KEDAULATAN DAN KERJASAMA LUAR NEGERI INDONESIA

Para Warga Belajar sekalian, berikut ini pada mata pelajaran  PPKn pembahasan kita adalah tentang macam-macam kedaulatan dan kerjasama luar negeri yang dimiliki bangsa Indonesia.  Sebagai Negara yang berdaulat kita dapat mengadakan hubungan kerja sama dengan Negara-negara lain dalam berbagai bidang kehidupan. Kita berhak menegakan kedaulatan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.Berikut ini macam-macam kedaulatan Bangsa Indonesia diberbagai bidang tersebut yaitu :

1.Kedaulatan bidang politik

Dalam kedaulatan bidang politik ini, kita berhak mempertahankan kemerdekaan bangsa dan Negara tanapa campur tangan Negara lain yang  sedang memperjuangkan kemerdekaannya. Hal ini sesuai dengan amanat alinea Pembukaan UUD 1945.

2.Kedaulatan bidang ekonomi

Bangsa Indonesia behak mengatur teta ekonomi nasional dan berhak menjalin kerja sama ekonomi dengan Negara manapun yang dikehendaki. Hal ini berkaitan dengan dasar saling menghormati dan saling menguntungkan demi kesejahteraan bersama.

3.Kedaulatan bidang social budaya

Dalam era globalisasi, kita mungkin menutup diri dari pengaruh social budaya Negara lain. Oleh karena itu, kita wajib mempertahankan kepribadian bangsa Indonesia dengan cara menyaring, memilih, dan memilahkan hal-hal yang positif dan sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa. Budaya yang baik dapat kita terima dan yang merusak harus kita buang.

4.Kedaulatan bidang Hankam

Di bidanga hankam, bangsa Indonesia berhak menentukan peranannya dalam mencapai perdamaian dunia. Kita wajib ikut serta memelihara perdamaian dunia dengan berperan aktif menyelesaikan pertikaian antar bangsa. Hal ini sudah dibuktikan, antara lain dengan pengiriman Pasukan Garuda sebagai pasukan perdamaian PBB.

Dalam kaitannya dengan keempat macam kedaulatan bangsa Indonesia di atas maka agar hubungan kerja sama antar bangsa dapat berjalan dengan baik, perlu dipegang teguh prinsip-prinsip sebagai berikut :

1. Tidak mencampuri urusan dalam negeri Negara lain

2. Menghormati kedaulatan Negara lain

3. Hidup berdampingan secara damai

4. Kerja sama saling menguntungkan

Dalam forum Internasional Indonesia telah mengadakan kerja sama dengan lembaga dan organisasi Internasional. Kerjasama internasional dapat berbentuk kerjasama; multilateral, bilateral, maupun regional:
  1. Kerjasama Multilateral, merupaka bentuk kerja sama Internasional yang diikuti oleh banyak Negara dan mencakup Negara-negara di berbagai kawasan dunia; contoh kerjasama multilateral yaitu: PBB, GNB, OKI, APEC, OPEC dsb.
  2. Kerja sama bilateral, merupakan bentuk kerjasama internasional yang diikuti oleh dua Negara. Misalnya kerja sama antar Indonesia dan RRC dalam masalah dwi-kewarganegaraan.
  3. Kerjasama regional, merupakan bentuk kerja sama Internasional yang diikuti oleh beberapa Negara anggota dalam satu kawasan tertentu, misalnya kerja sama ASEAN yang didirikan tanggal 8 Agustus 1967. ASEAN beranggotakan Negara-negara di Asia Tenggara yang bertujuan memajukan kehidupan ekonomi dan sosial budaya Negara-negara anggotanya.
Demikian macam-macam kedaulatan dan kerjasama luar negeri Indonesia, semoga bermanfaat sebagai bahan belajar siswa dan warga belajar sekalian. terimakasih.
 
Sumber : Diringkas dari Modul Kesetaraan Paket C Setara SMA SKB tahun 2012

0 komentar:

Posting Komentar