Home » » CARA DAN RUMUS MENGUKUR BERAT DAN TINGGI BADAN IDEAL

CARA DAN RUMUS MENGUKUR BERAT DAN TINGGI BADAN IDEAL

Visiuniversal---Warga Belajar dan siswa sekalian, Setiap orang tentunya menginginkan penampilan dirinya menjadi sempurna, baik dari segi pakaian dan bentuk badan yang ideal. Dalam pembahasan mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kita mengetahui tentang pisik dan kebugaran tubuh, dan bagaimana berat badan yang ideal itu untuk kita. Untuk itu diperlukan pengukuran untuk mengetahui bagaimana sebenarnya berat dan tinggi badan yang ideal buat kita seperti berikut ini :

MENGUKUR BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN DENGAN

RUMUS :  TINGGI BADAN (TB) - 100 - 10% = BI (BERAT IDEAL)

Contoh Misalnya : 163 - 100 = 63 - 10% = 56,7

Berdasarkan contoh di atas berarti seseorang yang memiliki tinggi badan 163, maka berat badan ideal yang dimilikinya adalah 56,7 Kg.


Untuk penggunaan hitungan Berat Badan Ideal (tinggi badan - 100) - 10% Sudah tidak banyak dipakai lagi.

Pengukuran berat badan ideal sekarang banyak digunakan Body Mass Index (BMI) yaitu badan dalam kilogram dibagi pangkat dua tinggi badan dalam meter. Indeks antara 20 - 25 dinilai ideal. Lebih dari 25 digolongkan gemuk dan kegemukan, sedang indeks kurang dari 20 digolongkan kurus.

Sekarang dipakai Body Mass Index (BMI) yaitu berat badan dalam kilogram dibagi pangkat dua tinggi badan dalam meter. Indeks antara 20 - 25 dinilai ideal. Lebih dari 25 digolongkan gemuk dan kegemukan, sedang indeks kurang dari 20 digolongkan kurus.

Demikian tentang cara atau rumus mengukur berat dan tinggi badan ideal untuk kita, semoga bermanfaat sebagai tambahan ilmu pengetahuan pendidikan jasmani dan olahraga, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment