Home » , , » INDONESIA ADALAH NEGARA KONSTITUSIONAL

INDONESIA ADALAH NEGARA KONSTITUSIONAL

Visiunversal---Warga Belajar dan siswa sekalian, Perjuangan bangsa Indonesia untuk mengusir penjajah memiliki tujuan utuk mendirikan negara yang merdeka bebas dari tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh penjajah, Para pejuang bangsa bercita-cita membentuk negara yang demokratis tidak diktator dan tidak absolut tetapi bercita-cita membentuk negara yang memiliki pemerintahan yang berdasarkan pada peraturan /hukum atau negara yang konstitusional.

Sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan kepada konstitusi, tidak bersifat absolut. Pemerintahan konstitusional artinya pemerintahan yang berdasarkan kepada konstitusi atau Undang-undang Dasar.

Hal ini didasarkan pada UUD 1945 yaitu :

  1. Pasal 1 ayat 2 berbunyi "Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar".
  2. Pasal 4 ayat 1 yang berbunyi "Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-undang Dasar".
Negara konstitusional memiliki konstitusi yang bercirikan:
Membatasi kekuasaan pemerintah
Menjamin hak asasi manusia dan hak warga negara

Berdasarkan penjesalan tersebut dapat kita simpulkan bahwa Indonesia adalah negara yang demokrasi (kekuasaan di tangan rakyat) bukan ditangan pemimpin atau penguasa, para penyelenggara negara hanya menjalankan amanat dari rakyat. Para penyelenggara negara yaitu orang-orang yang dipercaya rakyat menduduki jabatan penting atau anggota dari lembaga-lembaga tinggi negara, mereka menjalankan tugas sesuai dengan kehendak rakyat yang dituangkan di dalam konstitusi.

Demikian tentang ringkasan Indonesia adalah negara konstitusional. semoga bermanfaat. Terimakasih. 

0 komentar:

Posting Komentar