Home » , » CONTOH KATA SAMBUTAN WISATA ALAM

CONTOH KATA SAMBUTAN WISATA ALAM


Kita sering melihat dan menghadiri acara-acara resmi maupun tidak resmi, yang menampilkan suatu sambutan dari orang-orang penting atau panitia pelaksana, bagi kita yang ingin menyusun kata-kata sembutan berikut ini ada sebauh contoh kata sambutan yang baik tentang kegiatan wisata alam. 
 
Assalamu’alaikmum wr,wb
Bapak-bapak, ibu-ibu, hadirin sekalian 
Setelah kita menempuh perjalanan dengan speed boat tadi, sampailak kita di daerah yang kita tuju.
Kita berada di Pulau Waigeo. Pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Raja Empat. Letaknya di sebelah Barat laut dari daerah kepala Burung, Pulau Papua. Dalam bahasa masyarakat setempat, Pulau Waiego berarti Pulau Air. Pulau ini memiliki kekayaan alam berupa keragaman hayati.
Saudara-saudara yang hadir,
Untuk menjaga kelestarian keragaman hayati tersebut, pemerintah menetapkan dua kawasan di Pulau Waigeo sebagai kawasan cagar alam yaitu Cagar Alam Waigeo Barat seluar 153.000 ha dan Cagar Alam Waigeo Timur seluas 119.500 ha.
Bapak, Ibu hadirin semua.
Tentu kita semua pernah mendengar bahwa keragaman hayati ini pernah menarik perhatian ilmuwan Inggris. Alfred Russel Wallace, untuk melakukan penelitian. Wallace dating ke Pulau Waigeo pada tahun 1860. Di sana, ia tinggal selama tiga bulan meneliti keragaman hewan, khususnya burung dan serangga. Hasil penelitian Wallace itu di tulis dalam bukunya berjudul The Malay Archipelago.
Pulau Waigeo memang dijadikan salah satu kawasan wisata untuk meliaht flora fauna endmic. Yaitu, jenis tumbuhan atau binatang yang hanya terdapat di tempat tertentu. Pulau tersebut menjadi tempat habitat burung male waigeo (Aepypodius bruijnii), cenrawasih merah (Paradisea rubra), dan cendrawasih botak (Cicinnurus).
Nah Bapak-bapak, ibu-ibu, saudara sekalian,
Dengan sedikit penjelasan tadi, semoga perjalanan kita menikmati Pulau Waigeo akan semakin memberikan banyak manfaat, baik itu pengetahuan maupun keindahan alam yang akan kita dapatkan setelah ini.
Setelah kita mengemasi barang-barang bawaan, marilah kita mulai mengikuti perjalanan yang menyenangkan ini. Terimaksih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Sumber dikutip dari “Fauna Pulau Waigeo yang perlu diselamatkan” Media Indonesia suplemen khusus 27 Februari 2005). Dalam Modul Paket C setara SMA Kelas XI Tahun 2006.

0 comments:

Post a Comment