Home » , » KETERAMPILAN MEMBUAT MASAKAN BAKSO ENAK UNTUK USAHA

KETERAMPILAN MEMBUAT MASAKAN BAKSO ENAK UNTUK USAHA

Bakso, Usaha bakso
Warga belajar--sekalian, Berikut ini kita akan lanjutkan seri keterampilan untuk usaha, kali ini kita akan mengembakan salah satu usaha masakan yang banyak di minati orang, dan pemasarannya pun sangat mudah karena hampir semua orang menyukai yang namanya bakso ini. Apalagi jika kalian bisa membuat produk bakso yang enak dengan citarasa yang sesuai dengan selera masyarakat disekitar, tentu penghasilan yang besar bukan hal yang tidak mungkin akan kita dapatkan.

Sebelum kita membahas tentang cara membuat bakso yang enak ini, sebaiknya kita kenal dahulu apa yang disebut dengan bakso tersebut, sebagai tambahan pengetahuan kita. Bakso atau sebagian orang biasa menyebut  baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai. Bakso atau bola daging ini juga bisa kita dapatkan diminimarket atau Mall yang menyediakan kebutuhan rumah tangga.

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah 'bakso' berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari China tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso khas Indonesia yang disajikan dengan kuah melimpah di campur dengan sayuran.

Berikut ini adalah bagaimana cara membuat bakso yang enak untuk dapat dipasarkan sebagai masakan yang digemari masyarakat :

Bahan Pentol:

    1/2 Kg daging sapi yang sudah digiling.
    100 gram tepung kanji.
    50 gram es batu.
    1/4 kg bawang putih yang dihaluskan.
    1 butir telur ayam.
    1 sendok teh lada putih bubuk.

 Bahan Untuk membuat Kuah Bakso:

    3 liter air (untuk kuah).
    1/4 kg bawang putih haluskan.
    1 buah balungan/tulang kaki sapi agar kaldu kuah lebih sedap.
    2 sendok makan garam.
    1 sendok teh pala bubuk.
    1 sendok makan gula pasir.
    1 sendok teh lada putih bubuk.

Bahan Pelengkap:
    Bihun yang telah di rebus
    Saus tomat dan kecap manis
    Bawang goreng
    Daun seledri secukupnya
    Sambal

Cara Membuatnya:

Langkah pertamanya yaitu dengan mencampur es batu, daging sapi giling, telur, dan bumbu untuk pentol tadi. Kemudian haluskan dengan blender/food processor/mixer.
Sembari mencampur tadi, tambahkan pula tepung kanji sedikit demi seikit sambil mengaduk campuran hingga rata. Setelah rata, tuang bahan pentol tersebut ke dalam baskom.
Selanjutnya bentuk adonan pentol sesuai dengan ukuran yang di inginkan. Pentol yang sudah di bentuk di rebus kedalam air yang sudah mendidih. Masukan sesuai dengan kapasitas air, angkat pentol yang sudah terapung, yang terapung merupakan pentol yang sudah masak.
Pembuatan kuah bakso, caranya yaitu dengan memasukkan semua bahan dan humbu untuk bakso biarkan hingga masak dan mendidih.
Cara menyajikan, masukan bahan pelengkap bakso di mangkok. Setelah semua bahan siap, siram dengan kuah dan pentol bakso. Bakso lebih nikmat disantap saat masih hangat.

Nah demikianlah warga--belajar-- sekalian cara membuat bakso yang sederhana tapi cukup enak yang bisa dijadikan sumber usaha dan pendapatan untuk membuatu ekonomi keluarga, semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini.

Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bakso
http://www.likethisya.com/cara-membuat-bakso.html
Gambar-https://www.google.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel