Home » , , » MANFAAT MEMPELAJARI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

MANFAAT MEMPELAJARI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Kemaren di kelas ada warga belajar yang bertanya, kenapa kita belajar bahasa Indonesia, Apa manfaat mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Dan pertanyan tersebut belum kita jawab dengan tuntus, nah untuk melengkapi jawaban kemaren berikut ini silakan disimak manfaat mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut sebagai berikut :

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpatisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan pemahaman dan penguasaan peserta didik terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia maka diharapkan dapat :
  1. Peserta dididk dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
  2. Tutor dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
  3. Guru dan tutor dapat lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan tempat belajar dan kemampuan peserta didiknya;
  4. Orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di tempat belajar;
  5. Daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
Adapun yang menjadi tujuan bagi siswa, peserta didik, warga belajar dalam mempelajari Bahasa Indonesia agar dapat memiliki kemampuan antara lain :
  1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulis.
  2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  6. Menghargai dan mengembangkan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Sumber: Acuan Kurikulum kesetaraan 2010

4 comments:

Post a Comment