Home » , , » MENGENAL ANTROPOLOGI PRAKTIS

MENGENAL ANTROPOLOGI PRAKTIS

Warga belajar--sekalian, berikut ini kita akan mencoba memahami tentang antropologi praktis, permbahasan ini kita mulai dari sejarah antropologi tersebut. Tidak lama setelah perang dunia pertama, antropologi dikenal sebagai ilmu yang dapat digunakan secara praktis. Anjuran untuk menggunakan antropologi telah lama dan beberapa percobaan telah pernah dilakukan. Salah satu alasan untuk mendirikan "Bureau of American Etnology" oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1879 ialah untuk melengkapi penyelidikan yang berhubungan dengan masalah-masalah orang indian. Baru pada tahun 1930 Bureau of Indian Affairs (BIA) menyampaikan permintaan pertama untuk minta penerangan dan bantuan pada Bureau of American Etnology.

Sejarah Yang pertama dan paling luas dikenal ialah penggunaan antropologi untuk keperluan yang berhubungan dengan administrasi rakyat-rakyat jalanan. Antropologi digunakakan luas untuk keperluan administrasi pemerintah kolonial prancis, Inggris, Belanda, serta oleh Amerika Serikat untuk keperluan administrasi pemerintah orang indian dan mandat pasifik. Tampak administrasi lebih efektif dan memuaskan, baik ditinjau dari penduduk asli maupun dari pandangan administrasi, dalam hal ini pengetahuan dan teknik antropologi luas digunakan.

Ahli-ahli antropologi dan teknik antropologi telah luas digunakan dalam berbagai situasi seperti untuk menemukan dan menghilangkan berbagai situasi seperti untuk menemukan dan menghilangkan sebab perpecahan antara buruh dan manajer dalam industri, berkenaan dengan kelompok minoritas dan jaminan keselamatan kerja, serta organisasi proyek "resetelmen" yang lebih baik. Antropolologi juga digunakan secara luas dalam hubungan dengan program untuk menaikan taraf hidup, perbaikan kesehatan, dan penyelidikan pada negara yang sedang berkembang.

Antropologi juga mempunyai aspek-aspek yang dapat digunakan, dalam hal-hal tertentu dapat memberikan sumbangan untuk perencanaan masih yang lebih baik yang harus digunakan oleh manusia, pakaian yang harus dipakai, dan badan buatan. Lebih dramatis lagi sumbungan antropoligi fisik bertambah besar untuk pemecahan masalah-masalah kedokteran. Secara relatif lapangan baru genetika kedokteran. Secara relatif lapangan baru genetika kedokteran (medical geneties) terutama diharapkan memberikan sumbangan yang lebih penting padan pengobatan dari pada pertumbuhan dan pekembangan pengkajian masa yang lalu.

0 komentar:

Posting Komentar