Home » , » PRANATA SOSIAL DALAM MASYARAKAT

PRANATA SOSIAL DALAM MASYARAKAT

macam-macam Pranata, masyarakat, sosiologi, antropologi
Warga belajar--sekalian, berikut ini kita akan mempelajari tentang pranata sosial dalam masyarakat, apa itu pranata sosial?, terlebih dahulu kita lihat pemahaman tentang masyarakat yang terkait dengan pranata sosial tersebut.-- Dalam pandangan ilmu sosiologi dan antropologi, masyarakat adalah kesatuan manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Dalam proses pewarisan budaya, masyarakat adalah lingkungan kedua yang dikenali individu setelah keluarga.   Masyarakat merupakan laboratorium bagi setiap individu untuk melihat, memahami, dan mempraktikan setiap unsur kebudayaan.

Dalam masyarakat, terdapat pranata-pranata sosial, yaitu sistem tata kelakuan yang harus dipatuhi oleh setiap individu dalam memenuhi kebutuhannya. Tata artinya aturan-aturan yang boleh dan atau tidak boleh dikerjakan. Bila aturan tersebut dilanggar, maka akan ada sanksi. Tujuan utama tata kelakuan ini adalah membatasi kelakuan-kelakuan  individu agar tidak menyimpang dari norma yang berlaku di dalam masyarakat. Pranata-pranata sosial yang terdapat di dalam masyarakat lahir atas dasar kebutuhan manusia yang bermacam-macam. Oleh karena itu, akan dijumpai pranata-pranata sosial sebagai berikut :

a. Pranata Ekonomi
Pranata Ekonomi adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan material, termasuk di dalamnya produksi, distribusi, dan konsumsi. Contoh pranata ekonomi adalah berburu, berternak, bertani, industri, koperasi, perbankkan dan jenis mata pencaharian lain.

b. Pranata Sosial
Pranata Sosial adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Seperti tata cara perkawinan, pengaturan keturunan, sistem kekerabatan, dan tempat tinggal.

c. Pranata Pendidikan
Pranata Pendidikan adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, yaitu proses pembelajaran berbagai norma, pengetahuan, keterampilan, dan aspek budaya lain yang berlaku dalam masyarakat.

d. Pranata Kepercayaan dan keagamaan
Pranata Kepercayaan dan keagamaan adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan spritual manusia. Contohnya tatacara melaksanakan upacara keagamaan, doa, pantangan-pantangan, dan sebagainya.

e. Pranata Politik
Pranata Politik adalah pranata yang berhubungan dengan cara, jalan, dan alat yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan bersama dalam masyarakat. Seperti kekuasaan, pemerintahan, demokrasi, partai, dan sebagainya.

f.  Pranata Kesenian
Pranata Kesenian adalah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan, misalnya seni suara, seni rupa, seni gerak, seni drama, kesusastraan, dan sebagainya.
   
g. Pranata Somatik
Pranata Somatik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmaniah manusia demi kenyamanan hidup, seperti kesehatan, kebugaran, kecantikan, dan sebagainya.

Demikian Pranata sosial dalam masyarakat, semoga bermanfaat. terimakasih.

Sumber : disarikan dari buku modul sosiologi antropologi Paket C setara SMA tahun 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel