Home » , , » RANGKUMAN BIOLOGI - STRUKTUR HEWAN

RANGKUMAN BIOLOGI - STRUKTUR HEWAN

Hwan Kucing, strukutur kucing, hewanWarga belajar --sekalian, setelah pembahasan materi pelajaran Biologi kemarin tentang struktur hewan maka berikut ini akan kita rangkum beberapa hal penting tentang Struktur Hewan tersebut yaitu:  
Pada hewan bersel satu seluruh kegiatan metabolisme dilakukan oleh dan di dalam sel itu sendiri, pada hewan ber sel banyak kegiatan kehidupan terjadi baik di sel, juga melibatkan organisasisel yang lebih kompleks karena kegiatan kehidupan lebih spesifik. Struktur tubuh hewan terdiri dari jaringan, organ dan sistem organ.

Sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama akan menyusun jaringan, perubahan ini melalui proses spesialisasi yaitu proses perubahan bentuk dan fungsi sel macam jaringan pada hewan adalah jaringan epitelium, jaringan otot, jaringan ikat dan jaringan saraf.

Jaringan epitelium sel penyusunannya rapat tanpa ruang antar sel, berdasarkan bentuknya jaringan epitelium dapat dibedakan epitelium pipih, epitelium kubus, batas. Menurut banyaknya lapisan penyusunan epitelium dapat dibedakan menjadi epitelium selapis dan epitelium berlapis banyak.

Jaringan otot dapat dibedakan otot lurik, otot polos dan otot jantung. Fungsi jaringan otot sebagai alat gerak aktif.

Jaringan ikat berkembang dari masenkum, jaringan ini berfungsi sebagai penyokong dan penghubung antar organ spesialisasi dari sel-sel dalam jaringan ikat dapat membentuk leukosil, tulang ligamen dan tendon.

Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf berupa neuron. Fungsi sel saraf adalah menerima dan menghantarkan rangsang, ada tiga jenis neuron sensorik, neuron motorik dan neuron ajustor.

Organ tersusun atas berbagai jaringan yang mempunyai fungsi tertentu seperti paru-paru, jantung, telingan dan kulit. Organ-organ akan membentuk sistem organ yang mengandung spesifik fungsi tertentu. Contoh sistem organ adalah sistem pencernaan makanan, sistem transportasi, sistem eksresi dan sistem koordinasi. Sistem organ meskipun mendukung suatu fungsi tertentu pada hakekatnya dalam aktivitasnya tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling berinteraksi dan saling melengkapi. Suatu sistem berpengaruh terhadap sistem lainnya. Dari keseluruhan kerjasama antara berbagai sistem organ membentuk satu individu.
 
Demikian rangkuman tentang Struktur hewan dalam pembahasan Mata pelajaran biologi, semoga bermanfaat, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment