KEGUNAAN STATISTIK DALAM PENELITIAN

Warga--Belajar--visiuniversal, Jika kita cermati secara mendalam pada dasarnya pengolahan dan analisis data dalam penelitian sosial tidak lepas dari penggunaan metode statistik tertentu. Statistik sangat berperan dalam penelitian, baik dalam penyusunan model, perumusan hipotesis, pengembangan alat dan instrumen pengumpulan data, penyusunan desain penelitian, penentuan sampel, dan dalam analisis data.

Kegunaan statistik dalam penelitian

Adapun kegunaan statistik dalam penelitian, khususnya penelitian sosial yang kita bahas, adalah meliputi hal-hal sebagai berikut :
  1. Alat untuk mengetahui kausalitas (sebab akibat) antara dua atau lebih variabel, sehingga dapat diketahui apakah suatu hubungan benar-benar terkait dalam kausalitas atau tidak.
  2. Memberikan teknik-teknik sederhana dalam mengklasifikasikan data dan menyajikan data secara lebih mudah sehingga bisa dimengerti secara lebih mudah pula.
  3. Membantu peneliti dalam menyimpulkan suatu perbedaan yang diperoleh apakah benar-benar berbeda secara signifikan (berarti)
  4. Secara teknik dapat digunakan untuk menguji hipotesis sehingga bisa menolong peneliti dalam mengambil keputusan apakah menerima atau menolak hipotesis.
  5. Meningkatkan kecermatan peneliti dalam mengambil keputusan terhadap kesimpulan-kesimpulan yang akan ditarik
  6. Memungkinkan penelitian untuk melakukan kegiatan ilmiah secara lebih ekonomis.

Meskipun kegunaan dan fungsi statistik sangat berperan dalam penelitian namun jangan dijadikan sebagai tujuan untuk menentukan komponen-komponen penelitian yang lain, karena statistik hanya sebagai alat dan bukan sebagai tujuan dari analisis.

 
Pengolahan data secara statistik pada dasarnya suatu cara mengolah data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga data penelitian tersebut mempunyai arti. Pengolahan data melalui teknik statistik dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
1. Distribusi frekuensi
2. Ukuran Pemusatan (tendensi sentral).



January 08, 2015

1 comments:

  1. kalo data hasil wawancara narasumber gmana cara ngolahnya?

    ReplyDelete