LATAR BELAKANG SEJARAH YOU TUBE OLEH CHAD HURLEY

Visiuniversal---Siapa sich yang tidak kenal You Tube?, setiap orang pengguna internet di dunia ini pasti kenal dengan yang namanya You Tube, yang sering kita akses untuk nonton video di Internet selalu melalui You Tube. Tapi tahukah kalian apa sich pengertian You Tube? dan bagaimana asal mulanya You Tube itu ada?


You Tube adalah situs sharing video yang sangat populer di dunia. Menurut beberapa penelitian tentang internet, salah satunya penelitian Hitwise yang dilakukan pada tahun 2006, You Tube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen dari seluruh pengguna internet yang ada di seluruh dunia.

Dari gambaran dan catatan sejarahnya, You Tube ini didirikan oleh tiga orang, yaitu Steve Chen, Jawed Karim dan yang paling muda salah satunya adalah Chad Hurley. Chad Hurley pernah bekerja di perusahaan bernama PayPal, ia juga yang merancang logo perusahaan tersebut. Hingga di sana bertemu dengan Steve Chen dan Jawed Karim, dua orang teknisi hebat dari PayPal tersebut.

Para Pendiri YouTube
Di antara mereka bertiga terjalin hubungan pertemanan yang akrab. Di sela-sela aktivitasnya, ketiga orang ini sering berdiskusi tentang berbagai macam hal, terutama masalah peluang bisnis. Pada tahun 2002, ketika perusahaan eBay membeli PayPal dengan harga 1,54 miliar dolar Amerika. Chad sempat menerima sedikit bonus dari penjuala tersebut. Uang bonus itulah yang kemudian ia gunakan untuk mengembangkan bisnisnya sendiri. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ketika itu Chad juga memiliki koneksi dengan Roelof Botha, salah seorang petinggi PayPal yang kemudian membantu Chad untuk memuluskan dan menyukseskan rencananya.

Selanjutnya bersama Steve Chen dan Jawed Karim,Chad Hurley membangun dan mendirikan bisnis dunia Internet mereka sendiri yaitu Youtube pada bulan Januari 2005. Awalnya situs YouTube difungsikan untuk berbagi video kegiatan makan malam bersama kawan-kawan Chad di San Francisco. Dan tiba-tiba saja YouTube menjadi sangat populer di dunia maya, puluhan ribu orang setiap hari meng-upload video di situs ini. YouTube juga memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk mengomentari setiap video yang disajikan di situs tersebut. Untuk semakin memanjakan pengguna situnyanya, para pengguna dapat meng-upload, menonton, dan berbagi klip video secara gratisan. 

ada masa awal-awal berdirinya video-video yang dimuat oleh YouTube adalah klip musik, film, dan rekaman pribadi para penggunanya. Namun sering berjalannya waktu, serta penyempurnaan yang dilakukan YouTube, juga menyediakan beragam video olahraga, ilmu pengetahuan, dan rekaman video kuno. Format yang digunakan oleh YouTube adalah FLV, format ini tergolong cukup ringan dan dapat diputar dengan Flah Player.

Pada tanggal 9 Oktober 2006, Google melalui perusahaannya Google inc, membeli YouTube dengah harga 1,65 miliar dolar AS. Dengan dibelinya YouTube oleh Google, maka Chad, Chen, dan Karim telah ikut masuk ke dalam lingkaran perusahaan raksasa bernama Google inc. Chad menerima saham YouTube di dalam Google sebanyak 694.087 lembar atau sekitar 470 juta dolar AS. Sedangkan Steve Chen menerima 625-366 lembar atau sekitar 326 juta dolar, dan Jawed Karim menerima 137-443 lembar atau 64 juta dolar.

Perkembangan selanjutnya YouTube yang telah berada di bawah bendera Google terus bersinergi membangun situs sharing video hingga menjadi sangat lengkap dan diminati. Makanya jangan heran jika kita melakukan pencarian di Google Searching, maka banyak  yang ada diurutan teratas adalah tips-tips yang ada di YouTube, karena memang YouTube sendiri adalah milik Google.

Bagaimana kalian sudahkah mengupload video di YouTube? Ini bisa jadi penghasilan tambahan buat kita dengan menjadi YouTuber, pembuat Video yang memiliki pengunjung yang banyak. 


Sumber: Dirangkum dari berbagai Sumber
Gambar: Google

Baca selengkapnya di sini !!



January 28, 2015

0 comments:

Post a Comment