Home » » PEMBERDAYAAN FORUM PAMONG BELAJAR INDONESIA

PEMBERDAYAAN FORUM PAMONG BELAJAR INDONESIA

Secara umum, pemberdayaan artikan sebagai usaha untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi suatu masyarakat atau lembaga, dikarenakan lembaga tersebut dalam keadaan yang kurang berdaya, kurang memberikan kontribusi terhadap anggotanya maupun terhadap masyarakat yang berada disekitarnya. Demikian juga halnya, dengan eksistensi forum Pamong Belajar Indonesia dalam menjalankan peran dan fungsinya, sebagai sebuah organisasi yang masih baru atau masih bayi jika dianalogikan dengan umur manusia.

Di samping itu, dengan umur yang masih muda, FPBI dituntut untuk tetap eksis dan suvive sebagai sebuah organisasi yang haris berpartisipasi dan berkontribusi terhadap penyelenggaraan pendidikan nonformal di wilayah kerjanya masing-masing. Sementara itu, kompensasi dan peran dan fungsi yang harus dilaksanakannya, FPBI sebagai sebuah organisasi, kurang mendapatkan prioritas dari kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, terutama dalam hal biaya atau dana operasional kelembagaannya.

Sebagai salah satu alternatif pemecahan dari permasalahan tersebut, maka FPBI tingkat pusat maupun daerah harus berupaya untuk mendirikan lembaganya, supaya tetap eksis dalam kontribusi pada pelaksanaan visi dan misinya. Pemandirian tersebut, dapat dicapai melalui proses pemberdayaan forum pamong belajar Indonesia yang dapat memberikan keuntungan bagi FPBI sebagai lembaga penyelenggara, sekaligus dapat memberikan keuntungan berupa materi dan pelatihan bagi kelompok belajar yang menjadi sasaran pemberdayaan dan lembaga mitra FPBI untuk mencapai keuntungan secara bersama-sama. Pola pemberdayaan FPBI tersebut dapat dilihat pada bagain berikut ini :

-- Gambar --

Pencapaian tujuan dan ketercapaian hasil dari proses pemberdayaan Forum Pamong Belajar Indonesia, dapat dilakukan dengan melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan yang dijelaskan pada materi-materi selanjutnya. Namun, perlu ditekankan bahwa tahapan-tahapan kegiatan pemberdayaan FPBI ini sifatnya fleksiberl dan bisa dikembangkan atau disesuaikan dengan karakteristik dan tujuan yang dicapai oleh FPBI tingkat daerah, dalam rangka memberdayakan dirinya sebagai sebuah organisasi pendukung penyelenggara program pendidikan nonformal di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar