PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Secara epistimologi, kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha atau suatu proses dalam mengerjakan suatu yang baru dan berbeda.

Dalam konteks bahasa Indonesia, kewirausahaan berasal dari kata "wira" yang berarti berani, gagah, utama atau perkasa dan usaha yang berarti perbuatan yang dilakukan untuk mencapai keinginan atau tujuan.

Dengan kata lain, kewirausahaan adalah pola tingkah laku manusia yang gagah dan berani untuk mencapai suatu keinginan atau tujuan. Kewirausahaan juga dapat diartikan sebagai :
a. Mental dan sikap jiwa manusia yang selalu aktif untuk berusaha meningkatkan hasil karyanya dalam rangka meningkatkan penghasilannya secara ekonomis
b. Suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mengejar peluang-peluang, memenuhi kebutuhan hidupnya dan mencapai keinginannya yang dijalankan melalui proses inovasi.
c. Proses untuk menciptakan sesuatu yang lain dari orang lain, dengan menggunakan waktu dan kegiatan yang efektif
d. Semangat, sikap, tingkah laku dan kemampuan seseorang dalam menangani uslaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Apabila kita perhatikan pengertian tentang kewirausahaan di atas, maka dapat dikatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu pola tingkah laku manajemen yang terpadu, dengan memanfaatkan peluang-peluang yang tersedia tanpa mengabaikan sumber daya yang dimilikinya.

Dalam kegiatan usaha yang dilakukan kewirausahaan, diperlukan modal yang mendukung dalam proses kegiatannya, tanpa adanya dukungan modal maka cukup berat untuk usaha dapat berkembang. Modal merupakan suatu hal yang berupa uang, barang, hubungan maupun manusia yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok orang untuk menjalankan suatu kegiatan. Modal merupakan dasar dari semua kativitas usaha yang akan dilaksanakan. Denan kata lain, jika seseorang atau kelompok, akan melaksanakan suatu kegiatan usaha tetapi tidak mempunyai modal, maka usaha yang akan dilaksanakannya tidak akan berjalan dengan baik.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber !!

1 komentar:

Posting Komentar