Home » , , » JENIS-JENIS KEBUTUHAN MANUSIA

JENIS-JENIS KEBUTUHAN MANUSIA

Warga belajar dan siswa-- dalam pembelajaran ekonomi telah dijelaskan bahwa kebutuhan manusia banyak sekali ragamnya. masih ingatkah apa saja kebutuhan manusia itu? Kebutuhan manusia antara lain terdiri dari makanan, minuman, perumahan, pendidikan, kesehatan, hiburan dan sebagainya.

Sebelum kita mempelajari penggolongan jenis-jenis kebutuhan, kita perlu mengetahui telebih dahulu pengertian kebutuhan. Apakah kebutuhan itu ?

kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Jadi yang diperlukan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya antara lain makanan, minuman, pakaian, pendidikan, kesetaraan, hiburan, rekreasi dan sebagainya.

Kebutuhan yang disebut di atas dapat digolong-golongkan misalnya : makanan, minuman, pakaian dan perumahan termasuk dalam kebutuhan jasmani. Sedangkan pendidikan, kesehatan hiburan dan rekreasi termasuk dalam kebutuhan rohani.

Untuk mengetahui penggolongan jenis kebutuhan manusia lebih lanjut, baiklah akan kita pelajari uraian berikut ini :

Jenis kebutuhan manusia dapat digolongkan sebagai berikut :
a. Menurut tingkat kepentingannya
b. Menurut waktunya
c. Menurut sifatnya
d. Menurut wujudnya
e. Menurut subjeknya.

Jenis-jenis kebutuhan manusia di atas dapat kita cermati dalam uraian berikut ini :

a. Kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya
Seperti telah disebutkan di atas, ekbutuhan manusia antara lain : makanan, minuman, pakaian, perumahan, pendidikan, kesehatan, hiburan, rekreasi dan sebagainya. Di antara kedua kebutuhan manusia itu tentu ada kebutuhan yang harus kita penuhi terlebih dahulu dan ada kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya.

Apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan kebutuhan apa yang dapat ditunda?

Coba kita perhatikan, apabila anda dihadapkan pada 3 macam kebutuhan yaitu sepatu, makanan dan radio. kebutuhan mana yang harus terlebih dahulu? Coba kita susun urutan pemenuhannya bagaimana? tentunya jika membuat urutan pertama makanan, kedua sepatu dan terakhir radio.

Mengapa demikian? karena makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, pemenuhan harus didahulukan. Kebutuhan ini disebut sebagai kebutuhan pokok.

Sedangkan sepatu dan radio dapat ditunda pemenuhannya, kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya disebut kebutuhan tambahan.

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa kebutuhan manusia menurut tingkat kepentingannya dapat digolongkan kedalam dua kelompok, yaitu : Kebutuhan Pokok dan kebutuhan Tambahan.

1) Kebutuhan Pokok
Apa yang dimaksud kebutuhan pokok?
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi untuk menjamin kelangsungan hidup.
kebutuhan pokok sering juga disebut kebutuhan primer
Apa saja yang termasuk kebutuhan pokok?
Kebutuhan pokok terdiri dari : makanan, minuman, pakaian dan perumahan, seperti tampak dalam gambar di atas.

Mengapa manusia harus memenuhi kebutuhan akan makanan, minuman, pakaian dan perumahan? Coba paa yang terjadi apabila kita tidak makan dan minum?
Tentu badan kita akan lemas dan tidak hanya lemas kemungkinan kita dapat sakit dan kemungkinan yang lebih parah adalah dapat menimbulkan kematian. Pada umumnya makanan pokok masyarakat Indonesia terdiri dari : Nasi, jagung, sagu, umbi-umbian. Nah apakah makanan pokok daerah anda?
Apakah ada selain yang disebut di atas? Kalau anda bisa anda sebutkan!
Selain kebutuhan akan makanan dan minuman, manusia juga memerlukan pakaian. Karena dengan pakaian kita terlindung dari panas dan dingin. Perlu anda ingat, kebutuhan pakaian ini sangat dipengaruhi oleh kondisi alam sekelilingnya. kebutuhan akan pakaian di daerah panas akan berbeda dengan kebutuhan pakaian di daerah dingin.
Selain berguna berguna untuk melindungi manusia dari udara panas dan dingin, juga dengan pakaian, manusia tidak akan mengalami kesulitan dalam pergaulan. Demikian juga dengan perumahan. Setiap orang memerlukan rumah untuk berteduh dikala panas dan hujan, juga sebagai tempat beristirahat dikala kita lelah.

2) Kebutuhan Tambahan

Setelah kebutuhan akan makanan, minuman, pakaian dan perumahan terpenuhi apakah kebutuhan hanya berhenti sampai disitu? Tentu saja tidak, karena akan muncul kebutuhan-kebutuhan yang lain.
Coba anda amati kebutuhan anda sendiri, setelah kebutuhan pokok terpenuhi, apakah masih ada kebutuhan lain yang muncul? Tentunya ada:
Misalnya : kebutuhan akan sepatu, alat-alat tulis, buku-buku, alat-alat rumah tangga, jam tangan, sepeda, radio, perhiasan dan lain-lain. Semua kebutuhan tadi disebut kebutuhan tambahan. Mengapa disebut kebutuhan tambahan? Karena kepentingan tidak sebesar kebutuhan primer (pokok), yang berarti tidak terlalu mendesak untuk segera dipenuhi. Apakah yang dimaksud kebutuhan tambahan?
Kebutuhan tambahan adalah kebutuhan manusia yang akan segera muncul setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Kebutuhan tambahan terbagi dua yaitu : Kebutuhan sekunder dan kebutuhan kemewahan.

Apa yang dimaksud kebutuhan skunder dan kebutuhan kemewahan? Dapat dibaca uraian berikut ini:

a) Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi apabila kebutuhan pokok telah terpenuhi. Contoh : sepatu, buku-buku, meja, kursi, radio dan jam tangan.

Mengapa kebutuhan sekunder perlu dipenuhi? Hal ini sangat tergantung pada kemajuan diri pribadi yang membutuhkan dan juga kemajuan dari kebudayaan manusia itu sendiri.

Misalnya : jam tangan diperlukan manusia agar dapat mengetahui waktu dengan tepat, semua kegiatan belajar yang dilakukan dapat terlaksana dalam waktu yang tepat. Demikian juga radio diperlukan manusia karena penting untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Manusia akan memenuhi kebutuhan sekundernya apabila kebutuhan pokoknya telah terpenuhi.

b) Kebutuhan kemewahan

Pernahkah anda membeli televisi berwarna? Kalau ya, apakah tetangga anda sudah banyak yang memiliki? Jika jawabannya adalah sedikit, maka televisi berwarna termasuk barang mewah.

Mengapa dikatakan barang mewah? Karena harganya tergolong mahal dan jumlah orang yang memilikinya tidak banyak hanya terbatas kepada orang yang mampu membelinya. Contohnya barang mewah: sepeda motor, mobil, kalung berlian, kulkas dan lain sebagainya.

Pada umumnya orang yang dapat memenuhi kebutuhan mewah adalah orang yang mampu atau orang disebut orang kaya, dan kebutuhan kemewahan sering disebut kebutuhan tersier.

Bagaimana seandainya kebutuhan akan barang mewah tidak dipenuhi, apakah manusia dapat melangsungkan hidupnya? tentu saja dapat, karena kebutuhan tersebut hanya merupakan kebutuhan kemewahan, seandainya tidak terpenuhi tidak mengganggu kelangsungan hidup manusia.

Perlu diketahui bahwa batas antara kebutuhan sekunder dan kebutuhan kemewahan untuk setiap orang akan berbeda. Status dan peran seseorang dalam masyarakat akan menentukan tingkat kebutuhan tersebut.

kebutuhan sekunder dapat bergeser menjadi kebutuhan primer dan kebutuhan kemewahan dapat menjadi kebutuhan sekunder.


b. Kebutuhan manusia menurut waktu
Kebutuhan menurut waktu dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa yang akan datang. Kedua bagian tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

1) Kebutuhan sekarang
Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan sekarang ?
kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat itu juga.
Contoh :
- Apabila kita merasa lapar, kebutuhan yang kita perlukan adalah makanan. Rasa lapar itu sebainya dipenuhi dengna makan tepat pada waktunya. Karena jika ditunda akan menimbulkan penyakit maag (lambung).
- Jika seorang sedang sakit, maka saat ini ia membutuhkan obat sebagai penyembuh sakitnya. Dan jika orang tersebut telah sembuh dari sakitnya, apakah masih memerlukan obat? Jelas tidak. Jadi obat hanya diperlukan pada saat sakit,

2) Kebutuhan masa yang akan datang
Jika anda menyimpan uang di rumah atau di bank, apakah manfaatnya langsung anda rasakan? Tentu belum dapat dirasakan. Tetapi jika saat anda memerlukan biaya karena ada keperluan yang sangat penting, maka anda dapat mengambil uang simpanan di rumah atau di bank. Dengan demikian kebutuhan masa yang akan datang adalah persiapan-persiapan atau persediaan-persediaan yang dilakukan untuk menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang. Contoh lain : seorang petani menyimpan pada pada saat musim panen. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi kemungkinana yang sulit pada saat musim paceklik.

c. Kebutuhan menurut sifatnya

kebutuhan menurut sifatnya dibedakan menjadi dua bagian yaitu : kebutuhan rohani dan kebutuhan jasmani :
1) Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan untuk memenuhi kepentingan fisik (badan) manusia, agar manusia dapat hidup. Contohnya: makanan, minuman, pakaian, perumahan, dan alat-alat olahraga.
Jadi kebutuhan yang bersifat jasmani mempunyai ciri-ciri yaitu : berwujud, dapat diraba dan dapat dirasakan.

2) Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan untuk memenuhi kepentingan rohani (batin) manusia
Misalnya : Jika anda pergi rekreasi ke suatu tempat apakah itu kebun binatang atau ke pantai apa yang anda rasakan? Rasa senang atau kenyang? Pasti rasa senang. Nah, rasa senang ini adalah menyangkut batin atau rohani kita. Jadi disebut sebagai kebutuhan rohani jika mempunyai sifat tidak terlihat oleh mata, tidak dapat diraba tetapi dapat dirasakan oleh perasaan batin kita.
Contohnya: agama, hiburan, rekreasi, kasih sayang dan sebagainya.


d. Kebutuhan menurut wujudnya
Kebutuhan menurut wujudnya dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu kebutuhan berwujud (konkret) dan kebutuhan yang tidak berwujud (abstrak).
Apa perbedaannya ?
1) Kebutuhan konkret adalah keutuhan berupa barang-barang yang dapat diraba, misalnya : buku, mobil, pesawat dan lain-lain

2) Kebutuhan abstrak adalah kebutuhan yang alat pemuasnya tidak dapat diraba tetapi dapat dirasakan, misalnya : menonton bola bagi pecandu bola, beribadah, pelayanan dokter dan lain.


e. Kebutuhan menurut subjek
Kebutuhan menurut subjek dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu :
1) Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan dilihat dari segi orang yang membutuhkannya, misalnya; kebutuhan seorang petani akan berbeda dengan kebutuhan seorang guru.

2) Kebutuhan masyarakat
Kebutuhan masyarakat adalah alat pemuas kebutuhan yang kegunaannya secara bersama, misalnya : telepon umum, jalan umum, WC umum, rasa aman dan sebagainya.

Bagaimana menurut anda ?
Apakah kebutuhan masyarakat desa sama dengan kebutuhan masyarakat kota?. Benar kebutuhan masyarakat desa berbeda dengan kebutuhan masyarakat kota, misalnya mobil dan telepon merupakan kebutuhan masyarakat kota tetapi bagi masyarakat desa tidak, sebaliknya alat-alat pertanian merupakan kebutuhan masyarakat desa.

Sumber : disarikan dari Buku Modul IPS Ekonomi warga belajar Paket B setara 2010

0 komentar:

Posting Komentar