PENGERTIAN GAYA DALAM IPA ILMU PENGETAHUAN ALAM

Balon Bergerak, gaya gerak dalam balon, balon bergerak ke atasWarga belajar dan siswa--sekalian, berikut ini kita akan memahami tentang gaya yang telah kita pelajari dalam mata pelajaran IPA kemarin. Apakah Gaya itu ? Coba kembali kita perhatikan contoh yang terjadi dari gaya, misalnya mengapa balon naik ke udara?, atau mengapa batu yang dilempar jatuh ke tanah. dan sebagainya.

Jadi pengertian Gaya adalah dorongan atau tarikan yang diberikan pada suatu benda. Untuk melakukan suatu gaya, diperlukan tenaga. Gaya dan tenaga mempunyai arti yang tidaksama, namun keduanya saling berhubungan. Gaya tidak dapat dilihat, tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Tarikan dan dorongan yang dilakukan memerlukan tenaga. Gaya ada yang kuat dan ada pula yang lemah. Makin besar gaya dilakukan, makin besar pula tenaga yang diperlukan. Besar gaya dapat diukur dengan alat yang disebut dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N). Gaya dapat memengaruhi gerak dan bentuk benda. Gerak adalah perpindahan posisi atau kedudukan suatu benda. Bentuk benda adalah gambaran wujud suatu benda.


Sifat-sifat Gaya
  1. Besar kecilnya ditentukan oleh besar kecilnya tarikan atau dorongan
  2. Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda
  3. Gaya dapat mengubah arah gerak arah atau gerak suatu benda
 
Macam-macam Gaya
  1. Gaya Listrik
  2. Gaya magnet
  3. Gaya pegas
  4. Gaya gesek
  5. Gaya otot
  6. Gaya mesin
  7. Gaya gravitasi (Gaya tarik bumi).
 
Pengaruh Gaya terhadap Benda

1. Pengaruh gaya terhadap benda yang diam
Benda yang diam dapat bergerak jika diberi gaya. Contoh kelereng yang tadinya diam akan bergerak setelah dientil, lemari yang tadinya diam akan bergerak setelah diberi gaya dengan dorongan. Dalam hal ini gaya dapat mempengaruhi gerak benda.

2. Pengaruh gaya terhadap benda yang bergerak
Benda yang bergerak, jika diberi gaya dapat mengakibatkan benda tersebut berubah menjadi diam, berubah arah, atau juga bisa bergerak lebih cepat. Contoh, bola yang bergerak akan diam apabila ditahan dengan kaki, bola yang yang dilempar ke arah tembok akan berubah arah setelah menumbuk tembok.

3. Pengaruh gaya terhadap bentuk benda
Suatu benda saat dikenai gaya yang cukup dapatmengakibatkan benda tersebut berubah bentuk. Semakinbesar gaya yang dikenakan semakin besar pulaperubahan bentuk pada benda tersebut. Contoh, kalengminuman yang kosong saat diinjak dengan keras akanpenyok, batu besar jika dipukul dengan palu akanpecah menjadi batu-batu yang berukuran lebih kecil.
 
Lain-lain
  1. Satuan ukuran gaya adalah newton
  2. Alat untuk pengukur gaya disebut Dinamometer
  3. Gaya adalah Suatu bentuk kerja mendorong dan menarik suatu benda 
Demikianlah tentang pengertian dan jenis-jenis gaya dalam Ilmu Pengetahuan Alam. selamat belajar Semoga bermanfaat. Terimakasih.
 
Sumber: Buku Modul Kesetaraan Program Paket B Setara SMP Dirjen PLSP. 



February 06, 2015

1 comments:

  1. mkasih gan ,,, postingan pengertian-gaya-dalam-ipa-ilmu , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    ReplyDelete