Home » , , » CARA TAYAMUM DALAM PESAWAT UNTUK JEMAAH HAJI

CARA TAYAMUM DALAM PESAWAT UNTUK JEMAAH HAJI

Visiuniversal--Apabila waktu sholat fardhu telah masuk dan diperkirakan tiba di tempat tujuan (Bandara King Abdul Aziz Jeddah) telah habis waktu shalat, maka hendaklah melakukan tayamum sebagai pengganti wudlu.

Cara Tayamum dalam Pesawat untuk Jamaah Haji adalah sebagai berikut :

Kedua telapak tangan kita tepukan/tempelkan ke kursi atau dinding pesawat disebelah kita, lalu kita tiupkan yang menempel di telapak tangan, kemudian kedua telapak tangan kita sapukan dari ujung rambut (jidat) sampai dagu dari buah telinga sebelah kanan sampai buah telinga kiri sampai merata.

Kedua telapak tangan sekali lagi kita tepukan/tempelkan ke kursi atau dinding pesawat (usahakan tempat lain yang belum ditepuk). Lalu kita tiup dan setelah itu telapak tangan kiri menyapu telapak tangan kanan dari ujung jari sampai siku secara merata.

Cara lain bertayamum dapat dilakukan dengan satu kali tepuk/tempelkan pada kursi atau dinding pesawat lalu kita tiup kemudian kedua telapang tangan kita sapukan dari ujung rambut (kening) sampai dagu kemudian dari daun telinga sebelah kanan sampai daun telinga sebelah kiri, kemudian telapak tangan sebelah kiri menyapu telapak tangan dari ujung kiri sampai pergelangan dan telapak tangan kanan dari ujung kiri sampai ujung jari sampai pergelangan. Usap-usapkan tersebut dilakukan secara merata.

Tayamum hanya dapat digunakan satu kali shalat saja, sehingga bagi yang shalat jama' harus mengambil tayamum lagi selesai salam sebelum melanjutkan shalat kedua.

Sumber: Buku Pedoman Tugas Karu dan Karom, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, Depag RI,  Jakarta 2014.

0 comments:

Post a Comment