Home » , , , , » CARA MEMBUAT KUE SATU DARI KETAN

CARA MEMBUAT KUE SATU DARI KETAN

Warga belajar dan siswa--sekalian, pada kegiatan belajar keterampilan kecakapan hidup kali ini (life skill), kita akan belajar cara membuat kue satu dari ketan. 

Kue satu Ketan merupakan jenis kue kering yang dibuat dari beras ketan. Kue ini sangat digemari orang karena kue ini terasa manis dan lezat. Membuat Kue Satu Ketan ini sebenarnya sangat menguntungkan dan menambah pendapatan bila diusahakan dengan tekun dan sabar. Pembuatan kue ini dikatakan cukup mudah karena peralatan sangat sederhana, umumnya peralatan yang digunakan adalah peralatan dapur.

Sebelum membuat Kue Satu Ketan, terlebih dahulu dipersiapkan peralatannya. Peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut :

Peralatan
1. Kompor/ dapur
2. Wajan
3. Lesung
4. Baskom
5. Saringan
6. Pisau
7. Panci
8. tirisan
9. Serok/ sendok penggorengan
10.Cetakan/ tuangan
11.Stoples.

Bahan-bahan yang digunakan

Bahan yang digunakan untuk membuat Kue satu ketan adalah sebagai berikut:
  • 1 kg. Beras Ketan
  • 1/4 gula pasir/ gula putih
  • 1 gelas air
  • Vanili.


Langkah-langkah Pembuatan

Untuk membuat Kue satu dari Ketan dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah ke-1
Beras ketan kita bersihkan dari kotoran-kotoran atau debu, kemudian dicuci dan ditiriskan.

Langkah ke-2
Beras ketan yang sudah bersih kita goreng tanpa menggunakan minyak kelapa di atas wajan dengan panas yang tidak terlalu tinggi agar beras ketan tidak hangus/gosong.

Langkah ke-3
Setelah beras ketan digoreng kemudian ditumbuk agar beras menjadi tepung 

Langkah ke-4
Tepung ketan tersebut diembunkan pada malam hari, kira-kira dua malam atau lebih agar dalam pencetakan kuenya tidak hancur

Langkah ke-5
Bila pengembunan dianggap cukup, maka langkah berikutnya merebus gula dengan menggunakan panci (lihat perbandingan bahan). 

Langkah ke-6
Membuat adonan. Pertama-tama masukan tepung ketan tersebut ke dalam baskom kemudian air gula dan diberi vanili secukupnya. Sebaiknya adonan dibuat tiga kali agat tidak mengeras sebelum dicetak.

Langkah ke-7
Setelah adonan rata benar kemudian dimasukan dalam cetakan/ tuangkan dan ditekan-tekan dengan tangan atau sendok.

Langkah ke-8
Setelah ditekan-tekan kemudian diratakan hati-hati dengan menggunakan pisau, hingga hasil cetakan terlihat rapi.

Langkah ke-9
Kue Satu dapat dikeluarkan dari cetakan/tuangan, diletakan di atas koran dan didiamkan selama/kira-kira satu jam agar kue mudah diangkat dan tidak hancur.

Langkah ke-10
Kue Satu disimpan di dalam stoples kaca yang bersih dan kedap udara agar lebih awet.



Hasil dan Usaha

Dari resep dengan perbandingan 1 kg beras ketan, 1/4 kg gula pasir, air 1 gelas, dan ditambah vanili secukupnya dapat dihasilkan 60 butir kue satu dengan ukuran cetakan standar.

Bila kue satu tersebut ingin dijadikan usaha atau dijual kewarung, pasar, toko dan sebagainya maka harus dibungkus/ dikemas dengan plastik agar tidak masuk angin dan tahan lama.

Demikianlah cara membuat kue satu dari ketan sebagai bahan kegiatan keterampilan warga belajar sekalian, semoga bermanfaat. terimakasih.

0 comments:

Post a Comment