CARA MENGOPERASIKAN KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR

Warga belajar dan siswa--sekalian, pada pembelajaran TIK kemaren kita sudah membahas fungsi dan kegunaan komputer dalam kehidupan. Berikut ini pembelajaran TIK akan kita lajutkan untuk persiapan langsung pada praktik menggunakan komputer, sebelum kalian menggunakan komputer alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menggunakan/ mengoprasikan komputer yang baik dan benar. 

Sebagian dari kalian ada yang masih pemula sebagai Pengguna Komputer, mungkin bagi yang belum terbiasa menggunakan komputer akan mengalami kesulitan ketika akan Mengoperasikan Komputer tersebut. 

Cara Mengoperasikan Komputer sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu Menyalakan Komputer, Proses Mengoperasikan Komputer itu sendiri dan Mematikan Komputer. Berikut adalah beberapa Cara Mengoperasikan Komputer yang Baik dan Benar yang bisa Anda gunakan sebagai tambahan referensi.

1. CARA MENYALAKAN KOMPUTER 

Sebelum menyalakan komputer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya memastikan perangkat-perangkat seperti keyboard, mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply dan memastikan PC sudah terinstall Sistem Operasi. Berikut adalah langkah-langkah menyalakan komputer.

  • Tekan tombol power pada CPU kemudian ikuti dengan menekan tombol pada monitor.
  • Tunggu beberapa saat proses loading hingga muncul jendela windows dan komputer/PC sudah siap untuk digunakan.


2. CARA MENGOPERASIKAN KOMPUTER

Sebelumnya cara mengoprasikan komputer ini tergantung dari program atau aplikasi apa yang digunakan. Setelah komputer dinyalakan, maka proses selanjutnya adalah Mengoperasikan Komputer. Agar Anda bisa lebih cepat menguasai komputer, maka gunakanlah komputer sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda Belajar Komputer, Jika Anda seorang Designer, maka Anda bisa menggunakan Software Design seperti Corel Draw, 3D, Adobe Photoshop dan lain-lain agar lebih fokus terhadap aktivitas design Anda, Jika Anda seorang Programmer, maka Anda bisa menggunakan Visual Basic, C++, C#, Java, PHP dan lain-lain untuk menunjang pekerjaan Anda, sedangkan jika tujuan belajar komputer Anda adalah hanya untuk Mengetik, Mengirim E-Mail, Membuat Surat dan aktivitas lainnya yang menunjang pekerjaan kantor Anda, maka Microsoft Office (Microsoft Word, Excel, Power Point, Access) dan sedikit pengetahuan tentang internet sudah sangat mumpuni untuk membantu Anda meringankan pekerjaan Anda. 


3. MEMATIKAN KOMPUTER

Untuk mematikan komputer (Shutdown), ada beberapa tahap yang harus diperhatikan yaitu:
  • Tutup semua aplikasi yang Anda gunakan.
  • Klik menu Start (XP)/ Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.
  • Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
  • Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada Monitor dan Speaker, Stabilizer dan Perangkat komputer lainnya.
  • Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik.  
  • Langkah-langkah di atas harus Anda kerjakan secara berurutan. Menyalakan dan Mematikan Komputer dengan baik dan benar bisa memperpanjang usia pemakaian komputer Anda. Selain itu komputer Anda juga akan selalu fresh dan jarang bermasalah.


Setelah mengetahui cara mengoprasikan komputer dengan baik dan benar seperti di atas, selanjutkan dapat kita lanjutkan praktik pembelajaran TIKnya dengan praktik pengenalan dasar-dasar komputer dan TIK terapannya. demikian semoga bermanfaat. terimkasih.



May 10, 2015

7 comments: