Home » , , , , » HAKIKAT DAN MANFAAT ORIGAMI UNTUK ANAK SEKOLAH

HAKIKAT DAN MANFAAT ORIGAMI UNTUK ANAK SEKOLAH

Menurut pengertiannya, Origami yang berasal dari bahasa Jepang  yaitu dari kata "ori" yang berarti "lipat", dan "kami" yang berarti "kertas" dalam bahasa Jepang merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan (wikipedi.org).

Origami atau kirigami yang sudah dikenal banyak orang ternyata memiliki manfaat yang besar sekali untuk perkembangan anak usia sekolah bahkan mahasiswa Perguruan Tinggi. Secara mendasar origami tidak hanya sekedar seni melipat kertas saja. Tetapi filosofi origami adalah mengajarkan ketelatenan dan kesabaran. Termasuk juga mengajarkan bagaimana ketelitian dan tanggung jawab yang tinggi.

Selain Selain fungsi tersebut, bagi anak-anak origami juga dapat dijadikan alat kreasi buatan sendiri yang juga dapat dimainkan. Kemudian bagi remaja, seni melipat juga ini juga bisa memiliki fungsi hiasan dekorasi. Dengan demikian juga bagi orang dewasa, khususnya ibu rumah tangga, origami dapat dijadikan alat komunikasi dan bermain kreatif dengan anak-anaknya.


Origami itu karya seni yang matematis sifatnya, karena lipatannya tidak sembarangan. Dalam arsitektur juga berguna menginspirasi hiasan interior ataupun struktur. Selain sebagai kegiatan yang menyalurkan hobi sifatnya, tidak menutup kemungkinan origami juga dapat digunakan sebagai media untuk menambah pendapatan keluarga. Sebab hasil karya origami bisa dibuat sebagai sebuah cenderamata yang bisa dijual.

Bahan dasar pelatihan origami itu adalah menggunakan bahan kertas. Akan tetapi, aplikasi dari origami itu bisa dilakukan pada media apa saja yang telah ada. Misalnya dari seng, inspirasinya itu bukan berarti dilipat. Tetapi mengaplikasikan bahan ke dalam suatu bentuk yang indah dan menarik.

0 comments:

Post a Comment