KONSEP DAN DEFINISI NEGARA OLEH PARA PAKAR DAN AHLI

Visiuniversal---Warga belajar dan siswa sekalian, dalam pembahasan Materi Tatanegara kita telah mempelajari tentang apa itu negara. Untuk lebih memahami tentang konsep negara ini alangkah baiknya jika kita melihat dan mempelajari konsep negara menurut pandangan para pakar dan ahlinya.  Beberapa konsep negara dari sejumlah konsep atau definisi negara yang pernah diutarakan oleh para ahli atau para pakar, antara lain sebagai berikut : 

Aristoteles, negara adalah persekutuan daripada keluarga dan desa guna memperleh hidup yang sebaik-baiknya.

Bluntschli, negara adalah suatu diri rakyat yang disusun dalam suatau organisasi politik di suatu daerah tertentu.

Hans Kelsen, negara adalah suatu susunan pergaulan hidup bersama dengan paksa

Harold J. Lashi, negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan mengikat.

Hogo de. Groot, negara adalah suatu persekutuan yang sempurna dari orang-orang yang merdeka untuk memperoleh  perlindungan hukum.

Holgerwerf, negara adalah suatu kelompok yang terorganisir, mempunyai tujuan, pembagian tugas dan perpaduan kekuatan-kekuatan negara memiliki kekuasaan tertinggi yang diakui kedaulatannya, memonopoli kekuasaan dan berwenang memaksa dan memakai kekuasaan.

Kranenburg, negara adalah suatu sistem dari tugas-tugas umum dari organisasi-organisasi yang diatur dalam usaha negara untuk mencapai tujuan, yang juga menjadi tujuan rakyat/masyarakat dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

Jean Bodin, negara adalah suatu persekutuan dari keluarga-keluarga dengan segala kepentingan yang dipimpin oleh akal dari suatu kuasa yang berdaulat.

Robert Mac Lever, negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat, dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberikan kekuasaan memaksa.

Roger H. Soltau, negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.

Sri Sumantri, negara adalah suatu organisasi kekuasaan, oleh karenanya dalam setiap organisasi bernama negara selalu kita jumpai adanya organisasi atau alat perlengkapan yang mempunyai kemampuan untuk memaksakan kehendaknya kepada siapa pun juga yang bertempat tinggal di wilayah kekuasaannya.

Jadi berdasarkan konsep dan definisi tentang negara menurut para ahli di atas, dapat kita lihat bahwa negara merupakan konsep yang abstrak. Artinya Anda tidak pernah melihat negara Irak, Amerika Serikat atau Inggris. Dapat Anda lihat hanya berbendera, orang, lambang negara mengetahui bahasa nasional, lagu kebangsaan, dan kalaupun Anda melihat secara penuh itu hanya di dalam peta yang juga merupakan abstrak dari dunia maya. Munculnya negara ini karena naluri manusia yang ingin hidup berkelompok dari bermasyarakat, untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dari berbagai ancaman.

Negara memiliki sifat-sifat khusus sebagai manifestasi dari kedaulatan yang dimilikinya. Umumnya setiap negara mempunyai sifat memaksa, sifat monopoli dan sifat mencakup semua.

Demikian beberapa konsep negara dari sejumlah konsep atau definisi negara yang pernah diutarakan oleh para ahli atau para pakar. Semoga bermanfaat sebagai bahan belajar dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang negara, selamat belajar. Terimakasih.


Sumber: dirangkum dari berbagai sumber !!



May 13, 2015

0 comments:

Post a Comment