Home » » MENGENAL IKAN HIAS ARWANA BANJAR RED

MENGENAL IKAN HIAS ARWANA BANJAR RED

Ikan Hias, Arwana Hias, Banjar Red, Red Banjar, Siluk Merah,
Pada tulisan kali ini berkaitan dengan Ikan Hias Jenis Arwana Banjar Red, bukan karena penulis  juga berasal dari Banjar Kalimantan selatan, tetapi memang karena penulis sangat menyukai jenis ikan ini. Para Hobbis mengenal beberapa jenis Arwana yang dianggap memiliki nilai estetika dan nilai jual yang tinggi. Salah satu jenis arwana ini adalah Arwana Banjar Red/ Red Banjar. Ikan Arwana jenis ini termasuk ke dalam arwana yang memiliki jenis warna merah yang kelas dua (di bawah super Red). Tetapi walaupun demikian bagi para hobbis, arwana ini jenis ini tetap memiliki daya tarik, pesona dan ciri khasnya sendiri yang selalu membuat jatuh hati para hobbis. Sehingga para hobis masih tetap memburu arwana jenis ini untuk menambah koleksinya. Warna merah pada arwana Red Banjar ini memang tidak mencolok tetapi sedikit memiliki dasar kehijauan dan kekuning-kuningan dengan sisik yang berbentuk tapal kuda dengan dominasi warna merah muda pada sisik sekujur tubuhnya.

Jenis arwana banjar red termasuk arwana yang memiliki penampilan sangat baik dan menarik. Memiliki sirip yang berkilau kuning agak kehijauan juga warna merah kekuningan pada siripnya menjadikan ikan jenis ini banyak diburu para hobiis. Ikan ini bernama siluk sirip merah di daerah asalnya yaitu Kalimantan Barat tepatnya di sungai Kapuas Hulu, Pontianak. Ikan ini disebut sang naga sirip merah jika memiliki sisik yang tersusun rapi pada bagian punggungnya dan ukurannya sama besar.


Banjar red yang masih berusia muda, dengan ukuran 10 - 15 cm terlihat sangat mirip dengan dengan arwana super red muda. Warna sirip, dayung juga badannya hampir sama dengan arwana super red. Namun setelah Arwana mencapai ukuran 15-20 cm pada umumnya telah terjadi mutasi dan perubahan warnanya, untuk super red warna merah semkin mencolok, sedang Banjar red warna merah semakin kalam dengan ekor yang terlihat berwana orange. Pada bagian tubuh red banjar tidak memiliki ring seperti ikan arwana super red umumnya. 

Demikian tentang arwana Banjar Red, semoga bermanfaat. Terimakasih.

1 komentar:

Posting Komentar