Home » , , , , , » PERMAINAN OLAHRAGA ASLI/TRADISIONAL INDONESIA PALING POPULER

PERMAINAN OLAHRAGA ASLI/TRADISIONAL INDONESIA PALING POPULER

Bermain Dagongan, saling mengalahkan dalam Dagongan, pemedang Dagongan
Di tanah air kita Indonesia, Sejak Zaman dahulu permainan tradisional sudah ada dan tumbuh berkembang di beberapa daerah di Indonesia Dilihat dari segi kebudayaan, permainan ini merupakan permainan asli/ tradisional yang mendukung budaya nasional dan adat tradisi bangsa yang ikut memperkaya unsur kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia.

Pengembangan Permainan asli/tradisional terhadap pembinaan kebudayaan dan kepribadian bangsa baik sekali, oleh sebab itu kita berusaha untuk menggali dan mengembangkannya sebagai suatu kegiatan yang bertujuan selain untuk memupuk dan menghidupkan kembali budaya dan seni, juga dimaksudkan sebagai salah satu materi untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Adapun permainan olahraga asli atau tradisional Indonesia yang masih digemari, paling populer dewasa ini adalah :

  1. Permainan Egrang,   lihat di sini !!
  2. Permainan Sumpit,   lihat di sini !!
  3. Permainan Dagongan   lihat di sini !!
  4. Permainan Gasing.    lihat di sini !!


Permainan ini dahulu dilakukan oleh anak-anak/remaja (putra dan putri) pada waktu senggang, malam hari (terang bulan) setelah mereka kembali dari sawah/ladang membantu orang tua. Sedangkan para orang tua duduk di serambi rumah melepaskan lelahnya sambil menonton dan hiburan yang mengasyikkan.



Pada mulanya beragam orangraga ini dimainkan dengan peraturan yang sangat sederhan. Lambat laun peratudran permainan berkembang menjurus kepada permainan yang dapat dipertandingkan/ diperlombakan.

Apabila dipandang dari segi alat-alat/perlengkapan dan aturan-aturan, permainan ini adalah sangat sederhana dalam arti tidak begitu sulit dicari dan mudah dipermainkan. Namun setelah kedua hal tersebut dipadukan dalam bentuk permainan, terjadilah bentuk-bentuk yang mengasyikan. Dengan demikian dapatlah diungkapkan adanya unsur-unsur yang berpengaruh positip terhadap para pelakunya.

Adapun unsur-unsur yang dimaksud adalah : ketangkasan, kecepatan, ketepatan, kecermatan, kekutan, kelentukan, kejujuran, kerjasama.

Pengaruh daripada unsur-unsur tersebut di atas selain sebagai nilai-nilai luhur dari kebudayaan bangsa, sudah barang tentu diharapkan dapat membina kesegaran jasmani dan rokhani bagi para penggemarnya.

Semoga bemanfaat !!

0 komentar:

Posting Komentar