PENGERTIAN DAN DEFINISI GLOBALISASI

Berdasarkan pengertiannya Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya(Wikipedia.org).

Globalisasi adalah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi tipis dan transparan sekali. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan.

Menurut definisinya ;

Globalisasi memang belum memiliki definisi yang mapan. Hanya sekedar defini kerja (Working definition). Tergantung dari sisi mana seseorang melihatnya. Ada yang memandang sebagai suatu proses sosial dan proses sejarah atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain. Mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografi,ekonomi, dan budaya masyarakat.

Merumuskan dan memahami pengertian globalisasi tidak mudah. Untuk mendapat pengetahuan dasar dan pengertian umum mengenai globalisasi dapat ditelaan melalui dua cara yaitu :

1. Ditelaah secara etimologis atau asal usul kata.

Kata globalisasi berasal dari kata "globe" ditambah akhiran sasi. "Globe" artinya bola dunia. Sedangkan akhiran sasi bermakna suatu "proses". Maka pengertian globalisasi secara etomologis adalah "proses yang mendunia". Di Prancis istilah globalisasi dikenal dengan sebutan "mondialisasion". Di Spanyol dan Amerika Latin dikenal dengan sitilah "globalisasi". Sementara orang Jerman menyebutnya "globaliserung".

2. Ditelaah dari proses globalisasi itu sendiri

Apa yang dimaksud dengan proses globalisasi adalah bagaimana jalannya globalisasi itu sendiri dalam kehidupan. Sedangkan yang dimaksud dengan globalisasi sendiri adalah suatu keadaan mengenai segala sesuatu yang bersangkut paut mengenai dan meliputi seluruh dunia.

Dari uraian dan pengertian di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa globalisasi itu menunjukan adanya suatu proses dibentuknya suatu tatanan, aturan, atau sistem tertentu dan tatanan, aturan atau sistem itu diperuntukan dan berlaku bagi negara-negara dan bangsa-bangsa di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak dikenal adanya batas-batas wilayah, aturan-aturan lokal atau regional, maupun kebijakan dari suatu negara atau pemerintah yang dapat mengurangi ruang gerak masuknya nilai-nilai, ide, pikiran atau gagasan yang dianggap sudah merupakan kemauan masyarakat dunia. Hal ini bisa berlaku di semua bidang kehidupan seperti bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain.

Demikianlah tentang pengertian dan definisi dari globalisasi, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber !!

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel