Home » , , » CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK KENA VIRUS FILE HILANG TERHIDDEN DENGAN WINDOWS 8 DAN 10

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK KENA VIRUS FILE HILANG TERHIDDEN DENGAN WINDOWS 8 DAN 10

Warga belajar dan Siswa--sekalian wah kemarin dalam kegiatan pembelajaran TIK Komputer ada teman yang panik bahkan hampir nangis tuh' karena ada yang kehilangan data-datanya di Flashdisk yang dibagikan gratis kemarin. Ketika di masukan ke Komputer sekolah kita yang menggunakan windows 8 dan windows 10, memang semua datanya yang disimpan dalam 1 Folder terlihat hilang Semua. Teman kita beranggapan semua datanya terhapus ketika dia masukan flasdisknya di warnet didekat rumahnya.

Teman kita yang sudah terlanjur kecewa rencananya mau langsung diformat aja flashdisk t' biar bersih sekalian sama virus yang mungkin masih bersemayam di dalamnya.

Tapi eiitt... kata Bapak tunggu dulu sebelum diformat sebaiknya kita cek dulu kehidupan flashdisknya mungkin datanya masih bisa diselamatkan.

Dengan Bismillah kita lakukan langkah2 berikut, Pertama, kita Scan dulu Flashdisknya dengan antivirus terbaru yang selalu Update. Kedua, Kita cek di properties caranya; Coba klik satu kali pada flasdisk E: lalu klik kanan dan arahkan kursor pada bagian paling Bawah klik Properties seperti gambar di bawah :

Nah setelah telihat dari Pie grafik-- biasanya telihat berapa muatan Capacity data flashdisk yang telah terpakai Use Space (ada isinya) yang berwarna biru tua, dan belum terpakai Free Space (tidak ada isinya) berwarna merah Pink.


Nah pada Flashdisk teman kita ini ternyata ada yang aneh, semua data hilang tetapi Capacitynya masih ada isinya dan ternyata datanya masih ada tetapi tidak bisa ditampilkan.

Dapat disimpulkan flasdisk teman kita ini telah terjangkit Virus--...konon katanya virus ini sejenis virus worm yang cara kerjanya menyembunyikan-menghidden Folder dan file tertentu yang ada diflasdisk kita. Jadi Filenya masih ada tapi tersembunyi dalam direktori khusus yang dibangun dari hasil kerjaan virus tersebut ..duh emang engga ada kerjaan lain apa? yang bikin virus itu!!.

Gimana mengatasinya? :
Untuk mengatasi virus ini selain langkah-langkah antisipasi umum agar flasdishk dan komputer clean dari virus.. (Baca Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Aman). Juga kita harus hati-hati memilih lingkungan bergaul dengan komputer..hehe maksudnya jangan asal colok Flasdisk Kamu di sembarang komputer dan Laptop jika data-data di flasdisk itu sangat penting dan kamu sayangi.

Nah gimana bagi yang Flasdisknya sudah terinfeksi Virus yang menyembunyikan-menghidden Foldernya..Berikut ini cara membuka dan mengamankan data flashdishk tersebut dengan bantuan komputer atau laptop kamu :

Langkah-langkah dan cara untuk menampilkan folder yang terhidden oleh virus ini harus menggunakan program Command Prompt di Komputer sebagai berikut.

1. Jalankan program CMD dikomputer dengan cara klik Start - All Program - Accessories - Command Prompt. Atau tekan secara bersamaan tombol Windows+R pada Keyboard lalu ketikkan CMD lalu OK.


2. Ketikkan drive yang terdapat folder/file yang sobat anggap hilang disitu. Kita contohkan drive E, maka saya tulis E: pada cmd lalu Enter
(tekan Tombol Enter di Keyboard ya!).

 
3. Lalu ketikkan Attrib -r -a -s -h *.* /s /d  Lalu diEnter (tekan Tombol Enter di Keyboard ya)
Ketika mengetik  kode di atas ingat jangan lupa diberi spasi lalu Enter.


Setela itu windows akan memprosesnya tunggu beberapa saat hingga tampil dibawah kode yang kamu ketikan tadi dengan F:\> -- Maka proses selesai.. Silakan cek Flasdisk kamu ... Taraaaaa..data folder yang hilang muncul lagi tapi tanpa nama.. silakan di Ambil/dicopy pidahkan ketempat lain. Beri nama kembali folder tersebut dengan cara klik kanan Pilih Rename Folder yang bersangkutan.
 
Demikian wargabelajar dan siswa sekalian--Langkah-langkah dan cara untuk menampilkan folder yang terhidden oleh virus. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

1 komentar:

Posting Komentar