Home » , , » PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI MASYARAKAT MODERN

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI MASYARAKAT MODERN

Masyarakat modern adalah masyarakat yang telah yang telah mengalami transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu mereka yang telah mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi zamannya atau hidup dengan konstelasinya zaman. Karena kondisi dan situasi setiap masyarakat berbeda, maka modernisasi (proses menuju masyarakat modern) antara masyarakat satu dengan yang lain berbeda, misalnya modernisasi bangsa-bangsa bekas jajahan (baru merdeka) yang rakyatnya masih miskin, bodoh dan terbelakang akan lebih banyak menekankan pada penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan pada bangsa yang sudah maju dalam bidang iptek dan perekonomiannya, mungkin menekankan pada bidang non-material seperti masalah moral atau religi.

Secara garis besar ciri-ciri masyarakat modern (Soerjono Soekanto) antara lain:
  1. Bersikap terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru dan penemuan-penemuan baru
  2. Sikap menerima perubahan setelah menilai kekurangan yang dihadapinya
  3. Peka terhadap masalah-masalah yang terjadi dilingkungannya
  4. Berorientasi ke masa kini dan masa yang akan datang
  5. Menggunakan perencanaan dalam segala tindakannya
  6. Yakin anak manfaat iptek
  7. Menghormati hak, kewajiban dan kehormatan pihak lain (HAM)
  8. Tidak mudah menyerah/ pasrah terhadap nasib (selalu berusaha untuk memecahkan masalah).
  9. Senantiasa memiliki informasi yang lengkap mengenai pendiriannya
  10. Yakin bahwa potensi yang dimilikiknya dapat dikembangkan.
Dengan mempelajari ciri-ciri masyarakat modern seperti di atas dapat ditarik satu pandangan bahwa masyarakat modern adalah masyarakat yang selalu bergerak (dinamis) menuju kemajuan (progres) dan masyarakat yang ulet, tangguh serta tidak kenal menyerah sehingga adanya tantangan, hambatan dan gangguan justru merupakan kesempatan dan harapan untuk maju.

Maka dari itu masyarakat modern adalah masyarakat yang optimis terhadap kehidupan ini. Kemajuan yang dicapai oleh masyarakat modern bukan berarti melupakan nilai-nilai luhur masa lalunya, karena pandangan modern adalah pandang yang melihat dari ukuran kesesuaian. Jadi nilai-nilai lama yang masih sesuai dan dianggap baik masih tetap dipertahankan dan nilai-nilai baru yang dianggap tidak sesuai akan dipergunakan. Hal ini terjadi karena masyarakat modern adalah masyarakat yang rasional.

Baca juga tentang masyarakat tradisional di sini !! 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel